Mengatasi Masalah Diatom atau Alga Coklat di Aquascape

Bila teman-teman baru membuat aquascape dan beberapa minggu kemudian kaca akuarium dan tanaman air menjadi coklat karena adanya lapisan alga yang menempel, jangan panik!

Itu adalah hal yang wajar, hal yang normal pada aquascape yang baru dibuat.

Masalah ini adalah masalah pertama yang muncul dalam aquascape yang baru dibuat. Lapisan alga coklat itu sebenarnya adalah diatom. Diatom bentuknya mirip bakteri namun dengan dinding sel yang berwarna coklat keemasan. Ketika tumbuh melimpah di akuarium, diatom ini akan membentuk lapisan tipis berwarna coklat keemasan.

alga coklat
Diatom yang tumbuh pada kaca akuarium

Diatom muncul di aquascape baru

Diatom hanya akan muncul di awal membuat aquascape ketika menggunakan pasir baru yang banyak mengandung silica. Diatom memiliki dinding sel yang terbentuk dari silica, oleh karena itu untuk dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan baik diatom memerlukan silica.

Pasir akuarium yang digunakan (biasanya menggunakan pasir malang) mengandung banyak silica sehingga memungkinkan terjadinya pertumbuhan diatom yang melimpah. Semakin banyak pasir yang digunakan akan semakin banyak pula diatom yang muncul.

Lapisan diatom ini tidak akan langsung muncul banyak, namun secara bertahap sedikit demi sedikit. Pertama mungkin hanya berupa bercak kecil namun lama-kelamaan akan semakin melebar dan menutupi hampir semua kaca akuarium.

Baca juga : 5 Alga Eater Terbaik Buat Aquascape

Cara mengatasi diatom

Diatom hanya tumbuh di aquascape baru, dia akan muncul dari minggu pertama hingga 1 atau 2 bulan tergantung kadar silica dalam akuarium. Setelah 1 atau 2 bulan diatom akan mulai hilang sedikit demi sedikit digantikan dengan munculnya alga hijau.

Cara membersihkan diatom dapat dilakukan dengan mengelap menggunakan kain atau busa atau menggunakan jasa dari alga eater (saya sarankan chinese alga eater untuk membersihkan diatom).

Bila telah dibersihkan tapi diatom muncul lagi tidak perlu kuatir. Pokoknya diatom hanya akan bertahan selama 1 atau 2 bulan. Nanti setelah itu diatom tidak akan muncul lagi.

lemon alga eater
Chinese alga eater (CAE) kadang disebut juga lemon alga eater

Cara mencegah munculnya diatom

Untuk mencegah munculnya diatom dapat dilakukan dengan 2 cara.

Cara 1 : Setelah menaruh pasir di akuarium, segera isi dengan air hingga penuh kemudian biarkan hingga semalam. Besoknya buang air itu dan diisi dengan air baru. Cara ini akan mengurangi kadar silica dari pasir sehingga diatom yang tumbuh tidak terlalu banyak.

Cara 2 : Untuk mencegah diatom yang paling efektif adalah dengan menggunakan pasir lama, yang telah digunakan dalam aquascape sebelumnya (istilahnya pasir bekas). Pasir bekas ini selain kandungan silica nya sudah sedikit juga sudah dihuni bakteri aerob dan anaerob yang berguna bagi keseimbangan aquascape.

Nah itu adalah sedikit informasi tentang aiatom dan cara mengatasinya, semua yang saya tulis di atas merupakan hasil dari pengalaman pribadi saya.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Masalah Diatom atau Alga Coklat di Aquascape"

Post a Comment