Jenis-Jenis Koi Kohaku

Kohaku adalah jenis koi yang memiliki warna dasar putih dengan pola merah atau orange di tubuhnya. Koi dengan warna putih dan merah ini merupakan salah satu jenis utama yang telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Kohaku adalah jenis yang dipelihara oleh hampir semua penghobi koi, baik pemula maupun expert. Koi ini memiliki pola sederhana yang membuatnya nampak elegan dan nyaman dipandang mata.

Berdasarkan letak pola merahnya, kohaku dapat dibedakan menjadi beberapa jenis lagi. Perhatikanlah gambar berikut ini untuk mengetahui jenis-jenisnya.

jenis-jenis koi kohaku
Gambar jenis-jenis kohaku

Penjelasan untuk masing-masing jenis adalah sebagai berikut.
  • Menkaburi Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki pola merah menutupi kepala seperti kerudung (hood = kerudung atau penutup kepala).
  • Kuchibeni Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki pola merah di bibir seperti lipstik.
  • Inazuma Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki warna merah dengan pola zig zag seperti sambaran petir dan menyambung.
  • Maruten Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki pola merah di mahkota kepala dan bagian tubuhnya juga ada pola merahnya (maruten = mahkota).
  • Straight Hi Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki satu pola merah yang lurus dan menyambung.
  • Tancho Kohaku adalah jenis kohaku yang memiliki satu pola merah di mahkota namun dengan tubuh putih bersih.
  • Doitsu Kohaku adalah jenis kohaku namun tanpa sisik di tubuhnya.
  • Ginrin Kohaku adalah jenis kohaku dengan sisik yang mengkilap seperti perak.

Jenis-jenis kohaku di atas dibedakan berdasarkan persebaran pola merah di tubuh dan faktor sisiknya. Penggolongan di atas tidak menentukan kualitas dari kohaku itu sendiri, karena masing-masing jenis dapat memiliki kualitas rendah ataupun tinggi.

Kadang-kadang juga ditemukan kohaku yang tidak susuai pakem di atas, jadi membingungkan orang untuk menentukan jenis apa karena polanya samar-samar.

Overall, entah bagaimanapun polanya...kohaku adalah jenis koi yang paling banyak disukai dan paling sering menjadi grand champion dalam kontes-kontes koi internasional.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-Jenis Koi Kohaku"

Post a Comment