Mengatasi Cacing Planaria Dengan Jebakan Botol

Planaria adalah jenis cacing pipih yang kadang muncul di akuarium aquascape. Cacing ini ukurannya kecil hanya beberapa milimeter saja dengan bagian kepala agak lebar mirip segitiga. Di alam, hewan ini hidup di air tawar dengan arus tidak terlalu kencang dan umumnya ditemukan di perairan yang bersih.

Planaria dapat muncul di aquascape karena terbawa oleh tanaman air yang ditanam. Planaria dewasa atau telur planaria yang menempel pada tanaman akhirnya dapat berkembangbiak dan menjadi hama yang mengganggu. Cacing ini adalah pemakan bangkai, di aquascape mereka akan memakan sisa pelet dan ikan atau udang yang telah mati.

Jebakan planaria dengan botol
Jebakan planaria dengan botol bekas

Bau dari bangkai ikan atau udang dalam aquascape akan memancing planaria keluar dari persembunyiannya di bawah pasir atau di dedaunan yang gelap. Hewan ini lebih menyukai tempat gelap daripada tempat terang sambil menunggu makanan datang.

Planaria tidak berbahaya bagi hewan yang masih hidup, namun keberadaanya akan membuat aquascape nampak kotor dan tidak indah. Nah dalam kesempatan ini admin akan berbagi cara membasmi planaria dengan jebakan botol minuman bekas. Botol yang digunakan bisa botol apa saja yang penting adalah botol plastik yang mudah dilubangi.

Cara membuat jebakan planaria
  • Lubangi bagian tengah botol dengan menggunakan paku kecil yang dipanaskan atau bahan lain yang seukuran sama dengan paku kecil.
  • Buatlah beberapa lubang hingga melingkar di sekeliling botol.
  • Masukkan daging hewan, daging ikan, ikan mati, cacing kering atau bahan hewani lain ke dalam botol.
  • Bagian mulut botol sebaiknya ditutup kembali sehingga lubang yang tersisa hanya lubang kecil di bagian tengah saja.
  • Masukkan botol tersebut ke dalam aquascape dan tunggu selama beberapa jam.
  • Setelah nampak banyak planaria yang masuk, angkat botol dan buanglah planaria tersebut.
  • Buanglah planaria di sungai atau selokan air jadi mereka bisa hidup di tempat tersebut.

Itulah cara sederhana yang pernah saya coba untuk mengurangi jumlah planaria dalam aquascape. Cara ini tidak dapat 100% membersihkan planaria, namun hanya mengontrol jumlahnya saja. Biasanya ada beberapa ekor yang belum masuk perangkap sehingga masih tersisa. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi jumlah planaria dalam aquascape.

Agar lebih jelas bisa menonton video berikut ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Cacing Planaria Dengan Jebakan Botol"

Post a Comment