Makanan Ikan Buntal (Puffer Fish)

Buntal atau puffer adalah ikan yang sangat unik karena mampu mengembangkan tubuhnya ketika mendapat gangguan. Buntal mampu mampu menyimpan banyak udara di tubuhnya hingga mengembang seperti balon. Ketika tubuhnya mengembang akan muncul juga duri-duri di tubuhnya hingga nampak seperti buah durian.

Jenis ikan buntal bermacam-macam, ada yang berukuran kecil ada juga yang berukuran besar, ada yang duri di tubuhnya panjang ada juga yang pendek. Buntal berukuran kecil dapat dipelihara bersama dengan jenis ikan lain, namun buntal berukuran besar bisanya dipelihara sendiri.

ikan buntal helikopter
Buntal berukuran kecil yang sering disebut ikan helikopter

Makanan ikan buntal

Banyak orang yang melihat ikan buntal di toko ikan kemudian tertarik membeli karena nampak menarik dipelihara. Namun beberapa hari kemudian ikan itu mati karena tidak mau makan makanan yang diberikan.

Banyak orang mengira bahwa buntal sama dengan ikan lainnya yang suka makan pelet apung, padahal ini salah besar. Buntal sangat jarang sekali makan pelet apung kecuali sudah dilatih cukup lama. Buntal adalah karnivora, makanan ikan ini adalah daging.

Jadi kalau teman-teman memelihara ikan buntal berilah makan daging atau sumber makanan hewani lain yang disesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

puffer
Buntal mampu mengembangkan tubuhnya mirip balon saat terganggu

Makanan yang bisa diberikan

Jenis-jenis makanan yang dapat diberikan pada ikan buntal adalah sebagai berikut.

Cacing darah/ Cacing sutera

Cacing darah atau cacing sutera hidup adalah makanan yang sangat baik untuk ikan buntal. Cacing ini dapat diberikan untuk buntal berukuran kecil maupun berukuran besar. Namun yang harus diperhatikan adalah kebersihan cacing tersebut, sebaiknya menggunakan cacing dari peternakan yang bersih.

Cacing kering

Cacing kering adalah makanan yang sangat disukai buntal dan mudah diperoleh. Lebih mudah memperoleh cacing kering daripada cacing darah maupun cacing sutera. Cacing ini juga sudah jelas kebersihannya jadi aman untuk ikan buntal yang dipelihara.

Hati Sapi

Hati sapi adalah makanan yang bisa diberikan untuk ikan buntal berukuran besar. Hati sapi cukup mudah diperoleh dan aman diberikan. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan memberikan potongan daging yang terlalu besar, disesuaikan dengan ukuran mulutnya.

Daging ikan

Pilihlah daging tanpa duri sehingga ikan buntal tidak kesulitan memakannya. Namun kadang ikan buntal tidak terlalu lahap bila diberi makan daging ikan, mereka lebih suka dengan makanan yang lebih mudah dikunyah.

Udang/ Kepiting

Udang dan kepiting termasuk makanan yang sangat disukai ikan buntal. Udang dan kepiting dapat diberikan dua kali sehari atau sekali sehari tergantung ukuran makanan yang diberikan.

Kerang

Buntal memiliki gigi mirip gunting di ujung mulutnya yang mampu memecahkan cangkang kerang. Buntal berukuran besar dapat diberi kerang yang ukurannya kecil yang muat di mulutnya. Buntal akan memecahkan cangkang kerang kemudian memakan daging yang ada di dalamnya.

Nah itu adalah jenis-jenis makanan buntal yang dapat diberikan pada ikan peliharaan teman-teman. Berilah ikan buntal makanan yang bervariasi, jangan satu jenis saja. Dengan memberi makan yang bervariasi akan membuat ikan buntal lebih sehat karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Ikan Buntal (Puffer Fish)"

Post a Comment