Makanan Paling Baik Untuk Peacock Bass (P Bass)

Orang yang memelihara peacock bass biasanya sangat menantikan saat untuk memberi makan ikan peliharaannya. Peacock bass atau yang biasa disebut p bass adalah ikan predator yang galak. Mereka akan menyambar mangsa dengan cepat dan menelan mangsanya utuh-utuh tanpa belas ampun.

P bass adalah ikan yang cenderung tenang di akuarium, dia akan bergerak dengan lembut kesana kemari bila tidak diganggu. Tapi ketika diberi makan, mereka akan berubah sifatnya menjadi ikan galak dan agresif. Tapi justru sifat galaknya ini yang sangat disukai orang orang yang hobi ikan predator.

ikan predator p bass
Dua jenis peacock bass

Karena p bass adalah ikan predator, maka ikan ini sebaiknya diberi makan dengan hewan-hewan kecil. Walaupun sebenarnya mereka bisa dilatih makam pelet namun sebaiknya mereka tetap diberi makan hewan agar sifat galaknya tidak hilang.

Kalau mereka terbiasa diberi makan peket, tidak ada bedanya dengan ikan nila, tidak ada gunanya pelihara ikan predator. Karena salah satu tujuan pelihara ikan predator ya melihat keganasan ikan saat diberi makan hewan kecil.

Saya sudah lama memelihara p bass dan sudah mencoba berbagai macam jenis makanan. Ada yang disukai p bass ada juga yang tidak terlalu disukai. 

Beberapa makanan yang disukai p bass dan mudah diperoleh adalah sebagai berikut.

Ikan kecil

Sejauh ini, ikan kecil adalah makanan yang paling disukai p bass baik anakan maupun p bass dewasa. P bass kecil bisa diberi makan ikan kecil seperti ikan cere (citul), sedangkan p bass dewasa bisa diberi makan ikan mas atau ikan lain yang murah harganya.

ikan cere
Ikan cere untuk makanan p bass kecil dan remaja

Bila diberi makan ikan, sebaiknya berikan dalam kondisi hidup jadi p bass bisa memburunya kesana kemari agar sifat ganasnya tetap terjaga. P bass yang sering memburu mangsa kesana kemari juga akan membuat body atau postur ikan berotot dan enak dipandang. Berbeda dengan ikan yang banyak diam, body-nya cenderung gemuk kurang bagus.

Udang hidup

Udang adalah makanan p bass yang mudah diperoleh selanjutnya. Hanya saja udang harganya agak mahal terutama yang masih hidup. Tapi pemberian udang sangat baik untuk p bass karena bamyak mengandung vitamin A.

udang sungai
Udang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi

Vitamin A pada udang akan membuat warna p bass semakin cerah dan terang. Vitamin A dalam tubuh akan memicu pembentukan pigmen warna kuning, oranye, dan merah dalam tubuh p bass. 

Jangkrik

Jangkrik adalah makanan p bass yang paling  murah dan paling mudah didapat. Kita bisa membeli jangkrik di toko-toko penjual makanan burung dan makanan ikan. Jangkrik mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

jangkrik ternak
Jangkrik hasil ternak sangat mudah diperoleh

Tapi kadang ikan p bass perlu latihan untuk makan jangkrik. Karena pada dasarnya p bass adalah pemburu bawah air, sedangkan jangkrik biasanya akan mengapung di permukaan air jadi p bass perlu pembiasaan untuk makan jangkrik yang diberikan.


Kalau saya 3 jenis makanan itu sudah cukup intuk p bass. Saya berikan secara berkala bergantian agar p bass tetap sehat. Beberapa orang memberikan cacing tanah pada p bass peliharaannya tapi saya tidak suka karena cacing biasanya kotor karena merupakan hewan pemakan sampah. Tapi kalau teman-teman sesekali mau mencari cacing untuk makan p bass juga tidak masalah, yang penting jangan sering-sering.

Ikan hidup, udang hidup, dan jangkrik hidup sangat bagus karena semua yang masih hidup kandungan gizinya masih kumplit dan belum rusak. Tapi kalau kepepet tidak menemukan yang hidup dan adanya yang sudah mati ya mau bagaimana lagi, tapi usahakan pilih yang masih segar dan belum busuk untuk makanan p bass.

P bass kecil bisa diberi makan 2 kali sehari dengan makanan yang sesuai untuk ukuran tubuhnya. P bass remaja juga sebaiknya diberi makan 2 kali sehari. Pemberian makan sebaiknya jangan banyak-banyak agar perut ikan tidak kembung karena kebanyakan makan. Sedangkan untuk p bass dewasa bisa diberi makan 1 sampai 2 kali sehari, karena ikan dewasa tidak butuh banyak makanan untuk pertumbuhan tubuhnya.

Pemberian makan p bass sebaiknya jangan berlebihan karena dapat membuat ikan sakit. Salah satu penyakit yang cukup jamak menyerang p bass karena kebanyakan makan adalah swim bladder disease atau penyakit gelembung renang. P bass yang kebanyakan makan akan sembelit dan menyebabkan penumpukan gas di saluran pencernaan. Penumpukan gas ini akan menekan gelembung renang ikan yang berakibat ikan menjadi tidak seimbang berenang, bahkan kalau sudah sangat parah ikan bisa berenang terbalik.

Itu adalah beberapa makanan p bass agar ikan sehat dan bahagis hidup di akuarium.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Paling Baik Untuk Peacock Bass (P Bass)"

Post a Comment