Cara Membuat Channa Galak Mental Preman

Seringkali di TikTok saya melihat video-video pendek ikan channa atau gabus yang sangat menarik. Begitu ada tangan yang mendekat ke akuarium, channa di dalamnya langsung membuka mulut dan menabrak nabrak kaca. Begitu tangan masuk ke air channa langsung berontak dan menggigit tangan dengan ganas. Sungguh ikan-ikan yang galak.

Channa galak
Ikan channa galak sampai mangap-mangap


Sangat menarik bila kita memiliki channa yang galak dibandingkan channa yang kalem-kalem saja. Melihat channa yang aktif tentu saja lebih enak dibandingkan melihat channa yang hanya diam di dasar akuarium saja.

Beberapa jenis channa memang sudah terlahir galak seperti channa auranti dan channa maru. Dan ada juga channa yang punya sifat bawaan kalem seperti channa bleheri dan asiatica. Namun bukan berarti channa yang kalem tidak bisa dilatih menjadi galak. Semua jenis channa bisa dilatih bermental preman dengan cara yang saya tulis di bawah ini.

Channa asiatica
Channa asiatica memiliki sifat yang kalem dan kurang agresif


Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk melatih channa agar menjadi lebih galak.

Mengatur pola makan

Cara pertama dan paling utama untuk melatih channa menjadi galak adalah dengan mengatur pola makannya. 

Secara umum, channa akan lebih agresif dan aktif ketika lapar dan menjadi tenang ketika sudah kenyang. Jadi dengan mengatur pola makan channa kita bisa membuat ikan tersebut selalu agresif bila didekati.

Cara yang sudah banyak dipraktekkan adalah dengan memberi makan channa 2 hari sekali. 

Berilah channa makan sampai kenyang 2 hari sekali dan selain itu tidak diberi makan. Cara ini akan membuat channa lapar dan tambah agresif. Bila dilakukan terus dan berkelanjutan maka jiwa preman channa akan muncul dan ikan menjadi tambah galak.

Namun bila teman teman merasa kasihan kalau channa cuma diberi makan 2 kali sehari bisa dengan alternatif berikut ini.

Berilah makan channa sampai kenyang seminggu sekali dengan pakan hidup seperti jangkrik, ikan, ulat hongkong, atau udang. Sedangkan pada hari-hari selain itu channa cukup diberi snack ringan berupa pelet dalam jumlah sedikit. Dengan cara ini channa juga akan selalu lapar dan lama kelamaan mentalnya akan terbentuk.

Tinggal teman-teman mau pilih pola makan mana yang lebih disukai.

Baca juga : Membuat Channa Pulchra Berwarna Biru Terang

Menjaga kebersihan air

Selain faktor makanan, channa yang galak juga dipengaruhi oleh tempat tinggalnya. Bila tempat tinggalnya bersih channa akan lebih aktif bergerak dibandingkan bila tempat tinggalnya kotor.

Jadi kita wajib menjaga kebersihan air akuarium dan memastikan parameter air sesuai untuk channa. 

Memang channa adalah ikan yang cukup tahan dengan air kotor. Namun memelihara channa di air kotor dalam waktu lama akan meracuni tubuh channa.

Air kotor mengandung banyak amonia yang berasal dari kotoran ikan dapat menjadi racun dalam tubuh channa. Amonia bila terserap dalam darah dapat menghambat pengikatan oksigen dan membuat ikan kekurangan oksigen dan berakibat fatal.

Jadi agar channa selalu aktif dan bermental preman sebaiknya kita selalu mengontrol kebersihan air akuarium dan mengganti air secara berkala.

Baca juga : Channa Andrao, Asal-Usul dan Perawatan

Sering mengajak bermain

Channa yang sering diajak bermain dan berinteraksi dengan pemiliknya akan lebih aktif dibandingkan channa yang tidak pernah diajak bermain.

Kita sebaiknya secara teratur mengajak channa bermain dengan mendekatkan tangan ke arah kaca agar channa mendekat dan mengikuti gerakan tangan kita. Sesekali mengetuk kaca dengan ketukan ringan juga baik untuk mengetes keberanian channa.

Dengan rajin mengajak channa bermain akan semakin cepat membentuk mental channa.

Jadi kesimpulannya adalah dengan mengatur pola makan, menjaga kondisi air, dan sering mengajak bermain akan dapat membentuk channa galak bermental preman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Channa Galak Mental Preman"

Post a Comment