Berapa Kali Sebaiknya Mengawinkan Koi dalam Setahun?

Koi adalah jenis ikan premium dengan harga mahal terutama untuk koi yang berkualitas tinggi. Karena harganya yang mahal ini banyak orang tertarik beternak koi sebagai penghasilan tambahan maupun penghasilan utama.

Sekali bertelur ikan koi betina dewasa dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu butir telur. Sebagai perbandingan bahwa koi betina dewasa menghasilkan sekitar 100.000 butir telur per kg berat badannya. Jadi koi betina dengan berat 1 kg akan menghasilkan 100.000 butir telur, namun bila koi itu seberat 3 kg maka telur yang dihasilkan sekitar 300.000 butir.

telur yang dihasilkan koi betina dewasa
Koi betina dewasa dapat menghasilkan ratusan ribu telur setiap kawin

Banyak orang bertanya berapa kali idealnya koi dikawinkan setiap tahunnya?

Jawaban untuk pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana. Seperti jenis ikan-ikan yang lain, secara alami mereka akan kawin setahun sekali. Ikan-ikan di alam hanya kawin setahun sekali, bahkan ada yang hanya kawin lima tahun sekali.

Nah maka dari itu, ikan koi juga sama. Idealnya ikan koi cukup dikawinkan setahun sekali agar hasilnya benar-benar maksimal. 

Namun untuk tujuan komersial koi bisa dikawinkan setahun 2 kali, jadi ikan dikawinkan setiap 6 bulan. Ini dapat dilakukan apabila koi mendapat asupan makanan yang berkualitas dengan kandungan gizi yang seimbang. 

Koi yang kawin setahun sekali akan menghasilkan telur dalam jumlah banyak dan kualitas yang tinggi, selain itu persentase telur menetas juga tinggi. Namun bila dikawinkan 2 kali setahun biasanya persentase telur menetas akan lebih rendah.

Namun bila koi dikawinkan lebih dari 2 kali dalam setahun akan menghasilkan telur yang sedikit dan kurang berkualitas serta dengan persentase menetas yang rendah.

Jadi kesimpulannya adalah:
  • Untuk memperoleh hasil maksimal sebaiknya koi dikawinkan sekali setahun.
  • Namun koi dapat dikawinkan setahun 2 kali (apabila diperlukan) dengan memberikan mekanan yang berkualitas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berapa Kali Sebaiknya Mengawinkan Koi dalam Setahun?"

Post a Comment