Manfaat Ganggang Ekor Tupai Untuk Akuarium Channa

Ganggang ekor tupai (Ceratophyllum demersumadalah tanaman air yang juga dikenal dengan sebutan hornwort. Tanaman ini daunnya kecil-kecil aeperti jarum melengkung yang terbentuk melingkar di setiap ruasnya. Bila dilihat sekilas nampak seperti ekor tupai dengan bagian ujung meruncing.

Hornwort dapat di tanam di dasar akuarium atau dibiarkan mengambang saja di air. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan memiliki kecepatan tumbuh yang sangat cepat dibandingkan tanaman air lainnya.

Tanaman ini sering dijadikan sebagai penghias akuarium channa terutama channa yang masih berukuran kecil hingga sedang. Kadang kita menaruh hornwort hanya karena bentuknya indah dan membuat akuarium semakin semarak tanpa tahu manfaat lainnya.

ganggang ekor tupai dan channa
Ganggang ekor tupai sangat bermanfaat untuk ikan channa kita

Bagi akuarium channa khususnya dan akuarium ikan hias lain pada umumnya, hornwort sangat bermanfaat. Tanaman ini bisa menghambat pertumbuhan fitoplankton yang tidak baik untuk akuarium.

Hornwort memeliliki sifat alelopati. Jadi tanaman ini akan mengeluarkan zat kimia yang akan menghambat pertumbuhan fitoplakton. Fitoplanton adalah alga berukuran mikro yang bisa membuat air menjadi hijau. Nah zat kimia yang dikeluarkan hornwort bisa menghambat pwrtumbuhan fitoplakton ini.

Ketika kita memelihara channa, biasanya kita memberi lampu akuarium agar warna ikan menjadi cerah. Namun kadang-kadang lampu justru menjadi penyebab tumbuhnya fitoplakton yang membuat air nampak hijau. Untuk membersihkan fitoplakton cukup susah, kita harus mengganti ait seluruhnya agar akuarium menjadi bersih.

Namun bila kita memasukkan tanaman hornwort ke dalam akuarium yang sudah ditumbuhi fitoplakton. Sedikit demi sedikit fitoplankton tersebut akan mati dan air kembali jernih.

Oleh karena itu ketika kita memelihara channa, akan sangat baik bila kita menambahkan hornwort sebagai penghias dan pembersih akuarium. 

Tanaman ini tidak rewel dan sangat mudah tumbuh di berbagai kondisi akuarium. Kita tidak perlu pupuk karena kotoran ikan sudah dapat menjadi pupuk alami bagi pertumbuhannya. Tanaman ini tidak mudah melting atai busuk dan sangat tahan terhadap perubahan kondisi air, suhu, maupun cahaya.

Selain mudah dirawat, harga tanaman ini juga sangat murah. Bahkan kadang toko akuarium memberikannya secara gratis karena dapat tumbuh dengan mudah. Di toko-toko online tanaman ini dijual dengan harga 3000 sampai 5000 rupiah, sangat murah sekali kan.

Menilik keindahan, manfaat yang baik, dan harganya yang murah, sangat saya rekomendasikan untuk dijadikan penghias akuarium ikan channa kita.

Semoga bermanfaat

Referensi

https://www.researchgate.net/publication/235959720_The_impact_of_hornwort_Ceratophyllum_demersum_L_on_cyanobacterial_phytoplankton_communities_in_hypetrophic_conditions_Results_from_laboratory_experiment

https://www.semanticscholar.org/paper/THE-IMPACT-OF-HORNWORT-(Ceratophyllum-demersum-L.)-P%C4%99czu%C5%82a-Rechulicz/2bddb52b2884eecaf8336697b19c5ac9d638dc67

https://kops.uni-konstanz.de/bitstream/handle/123456789/8614/2008_Hilt_Gross_Can_allelopathically_active.pdf?sequence=1

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Ganggang Ekor Tupai Untuk Akuarium Channa"

Post a Comment