Membuat Channa Stewartii Berwarna Biru Cerah

Channa barca palsu, itulah yang sering orang bilang tentang Channa stewartii. Sekilas mata melihat stewartii memang mirip barca, hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Warna tubuh dan siripnya biru berbintik-bintik dengan garis kuning tipis pada siripnya. Channa ini harganya agak mahal, karena ikan remaja biasanya dihargai satu juta lebih per ekornya.

channa stewartii
Channa stewartii yang bagus harus memiliki warna biru yang cerah


Channa stewartii punya mental yang bagus, dia mudah dilatih untuk menjadi galak. Ukuran tubuhnya dapat mencapai sekitar 25 cm saat dipelihara dalam akuarium.

Channa stewartii yang bagus harus punya warna biru terang di seluruh tubuhnya. Ikan harus dirawat dengan baik agar memiliki warna yang bagus dan cerah.

Berikut ini saya akan berbagi cara untuk membuat ikan Channa stewartii berwarna biru cerah.

Mengatur pola makan adalah hal yang utama

Makanan adalah hal utama untuk membuat warna ikan menjadi cerah. Channa stewartii perlu diatur pola makan dan jenis makanannya agar warnanya bisa muncul maksimal.

Untuk stewartii, makanan yang saya sarankan adalah udang segar dan pelet Premium Blue. Namun makanan itu perlu diatur jadwalnya agar dapat memberikan manfaat maksimal pada ikan.

pelet premium blue
Pelet Premium Blue sangat bagus untuk membangkitkan warna biru ikan


Jadwal pemberian makan yang bagus untuk stewartii adalah dengan memberi makan udang seminggu sekali sampai kenyang dan di hari lain diberi makan pelet namun jumlahnya sedikit saja (tidak sampai kenyang).

Berikut ini adalah tabel yang dapat menjadi petunjuk pemberian makan channa stewartii.

jadwal makan channa stewartii

Udang banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk pertumbuhan warna, selain itu protein yang tinggi pada udang juga mempercepat pertumbuhan tubuh. Sedangkan pelet Premium Blue mengandung pigmen biru yang akan menjadikan stewartii berwarna biru cerah.

Dengan mengombinasikan dua jenis makanan ini, Channa stewartii akan berwarna biru cemerlang dan cerah.

Membuat lingkungan akuarium cerah

Ikan akan berwarna cerah bila lingkungan sekitarnya cerah pula. Ikan akan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan berusaha menjadikan warna tubuhnya hampir menyerupai sekitarnya.

Kalau lingkungannya cerah maka stewartii akan menjadi cerah. Demikian pula sebaliknya bila lingkungan sekitarnya gelap akan menjadikan warna ikan menjadi pucat.

Jadi untuk membuat lingkungan cerah bisa dilakukan beberapa hal. Yaitu mengatur background akuarium, dasar akuarium, dan air akuarium.

Background akuarium sebaiknya berwarna cerah. Saya sarankan menggunakan warna putih, karena background putih adalah warna yang paling banyak dipakai oleh penghobi ikan channa. 

Untuk dasar akuarium saya sarankan menggunakan pasir malang warna coklat yang butirannya tidak terlalu kecil. Warna coklat akan terlihat lebih terang dibandingkan bila menggunakan pasir malang warna hitam. Namun tidak disarankan menggunakan pasir putih karena akan membuat warna biru pada tubuh stewartii kurang muncul.

Sedangkan untuk air harus bersih dan diganti secara teratur. Air yang bersih membuat ikan nyaman sehingga bisa maksimal warnanya. Air yang kotor akibat kotoran channa, dapat meracuni tubuh dan mengganggu penyerapan oksigen. Jadi untuk menjaga kebersihan air, perlu digati secara berkala dan teratur.

Dengan kesimpulannya, warna Channa stewartii dapat dibuat terang dan cerah dengan mengatur pola makan dan lingkungan akuariumnya.

Itu adalah cara yang dapat saya sarankan untuk membuat Channa stewartii berwarna biru terang dan cerah.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Membuat Channa Stewartii Berwarna Biru Cerah"

Post a Comment