Membuat Channa Maru YS Berwarna Kuning

Channa maru yellow sentarum berwarna kuning pisang adalah impian kita sebagai pecinta channa. Warna kuning berpadu dengan kembangan hitam bercorat-coret sangat indah dikombinasikan dengan sifat ikan yang galak.

Melihat keindahan channa maru seperti itu bisa membuat stress setelah bekerja hilang. Bermain dengan channa sambil memberi makan sungguh asik dan menyenangkan.

Namun membuat channa maru menjadi kuning cerah bukanlah perkara yang sederhana. Butuh usaha dan juga biaya yang mungkin tidak terlalu murah.

channa maruloides
Channa maru yellow sentarum dengan grade mendekati sempurna


Berikut ini saya akan berbagi informasi tentang cara membuat channa maru menjadi kuning bak pisang cavendish.

Dasar akuarium yang baik

Yang pertama harus diperhatikan adalah dasar akuarium yang sesuai untuk pembentukan warna channa. Ikan channa maru di alam hidup di perairan gambut yang warna airnya cenderung kuning kecoklatan dengan tanah yang kecoklatan. Kondisi lingkungan seperti itu membuat ikan beradaptasi dengan membentuk pigmen kuning agar tersamar dengan kondisi lingkungan. Ikan yang tersamar dan tidak terlihat membuatnya mudah menangkap mangsa tanpa disadari.

Jadi ketika dipelihara dalam akuarium sebaiknya channa maru diberi lingkungan yang hampir sama. Sebaiknya pakailah dasar akuarium/ pasir yang berwarna terang seperti coklat muda. Dasar yang terang ini akan merangsang channa membentuk pigmen kuning untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan. Sebaiknya hindari penggunaan pasir yang berwarna hitam karena bisa membuat warna channa gelap.

Backgroud akuarium yang baik

Background akuarium juga akan mempengaruhi pembentukan warna ikan channa maru. Akan lebih baik bila background akuarium untuk channa maru YS berwarna cerah. 

Dari pengalaman banyak teman-teman yang sudah sukses, background yang baik adalah warna putih. Bila background putih tidak ada bisa menggunakan background lain yang penting warnanya tidak gelap. Background putih juga akan membuat kita lebih mudah mengamati bentuk tubuh dan perkembangan warna channa.

Baca juga : Cara Membuat Channa Galak Mental Preman

Lampu akuarium yang baik

Pencahayaan sangat mempengaruhi perkembangan warna ikan. Melanosit adalah sel pembentuk pigmen warna yang terdapat di bawah sisik ikan. Sel ini akan lebih aktif bekerja apabila mendapat rangsang cahaya yang baik.

Jadi apabila kita ingin channa maru memiliki warna kunig cerah sebaiknya kita juga memasang lampu yang baik. Lampu jangan terlalu redup dan jangan terlalu terang. Bila terlalu redup bisa membuat warna ikan pucat, namun bila terlalu terang bisa membuat ikan stress karena terlalu silau.

Lampu sebaiknya jangan dinyalakan 24 jam karena tidak baik untuk ikan. Beri kesempatan ikan untuk beristirahat dengan lampu dimatikan terutama di malam hari. Selain itu, lampu yang tidak menyala 24 jam juga akan membuat lampu tersebut lebih awet dan tahan lama.

Makanan yang baik

Diantara semua hal yang mempengaruhi pembentukan warna channa, yang paling penting adalah faktor makanan channa. Makanan adalah komponen utama pembentuk warna ikan. Warna pada channa dibentuk dari vitamin A yang terdapat pada makanan. Oleh karena itu sebaiknya channa diberi makan dengan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A misalnya udang.

Hal ini bisa kita pelajari secara sederhana dari para peternak bebek di Jepang. Mereka di Jepang memberi makan bebeknya dengan kepala udang dan limbah-limbah sisa produksi udang. Hasilnya adalah telur yang dihasilkan memiliki kuning telur (yolk) yang berwarna oranye cerah dan menarik. Berbeda dengan bebek yang hanya diberi makan pakan buatan pabrik, yang biasanya memiliki kuning telur yang pucat.

Berdasarkan pengalaman banyak teman-teman, kombinasi pemberian pakan antara udang dengan pelet merk Premium Yellow sangat baik untuk channa.

pelet premium yellow
Pelet Premium Yellow


Udang dapat diberikan seminggu sekali sampai kenyang. Sedangkan di hari-hari biasa channa diberi makan dengan pelet Premium Yellow sebagai snack dan jangan sampai kenyang. Kombinasi udang sebagai pakan mingguan dan pelet sebagai pakat harian ini sudah cukup terbukti keampuhannya membentuk warna kuning pada channa maru.

Pelet Premium Yellow dipilih karena banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin dan mineral lain yang sangat mempengaruhi pembentukan warna ikan. Pelet ini dapat dibeli di toko akuarium atau online di Shoppe dan Tokopedia.

Yang harus diperhatikan juga adalah jangan memberi makan ikan terlalu banyak, secukupnya saja. Karena pemberian pakan yang terlalu banyak tidak baik untuk perkembangan warna channa.

Kesabaran yang baik

Setelah semua hal di atas kita lakukan, kita tinggal menunggu kemunculan warna dengan sabar. Pembentukan warna tidak terjadi secara instan dalam beberapa hari, namun bisa memakan waktu beberapa minggu hingga bulan.

Jadi kita harus sabar menunggu dengan terus merawat channa tersebut sebaik-baiknya. Ada yang 3 minggu sudah memunculkan perubahan yang signifikan. Namun ada juga yang harus menunggu 2 sampai 5 bulan sampai muncul warna yang bagus.

Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas warna channa teman-teman bisa berkembang menjadi seperti pisang. Kuning dan menyala.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membuat Channa Maru YS Berwarna Kuning"

  1. Mohon maaf apakah gambar maru diatas boleh saya gunakan untuk foto produk makanan ikan saya? trimakasih

    ReplyDelete