Planaria di Aquascape, Penyebab dan Cara Mengatasi

Planaria adalah jenis cacing pipih dari kelompok turbellaria, cacing ini berukuran kecil sekitar 5 mm dengan bagian kepala bentuknya mirip segitiga.

Cacing planaria adalah penghuni air tawar yang bersih dan kadang-kadang juga ditemukan di dalam akuarium aquascape. Dalam aquascape cacing ini akan bersembunyi di antara dedaunan atau dibalik pasir dan batuan.

beberapa jenis planaria
Beberapa jenis planaria

Mereka baru akan keluar bila ada makanan berupa bangkai hewan atau sampah makhluk hidup lainnya. Cacing ini termasuk hewan pemakan bangkai, yang akan memakan daging sedikit-demi sedikit melalui mulutnya yang berbentuk mirip corong.

Apakah cacing planaria berbahaya?

Cacing ini tidak akan merusak tanaman dan juga tidak akan menyerang ikan atau hewan air yang masih hidup, namun planaria dapat memakan telur ikan yang ada di aquascape. Jadi secara umum dia tidak terlalu berbahaya bila ada di akuarium.

Bila jumlahnya sedikit mungkin tidak masalah namun bila jumlahnya sudah semakin banyak dapat merusak keindahan aquascape. Coba bayangkan ada banyak cacing yang berjalan-jalan di kaca akuarium tentu saja membuat akuarium tidak sedap dipandang mata.

Planaria memiliki bintik mata di kepalanya yang hanya dapat membedakan gelap dan terang. Cacing ini lebih menyukai daerah yang gelap atau di bawah bayang-bayang, jadi kalau jumlahnya sedikit dia relatif tidak terlihat karena hampir selalu sembunyi.

Darimana cacing planaria muncul?

Cacing ini dapat muncul karena telur yang terbawa tanaman air yang ditanam di aquascape. Tanaman air yang belum disterilkan sebelum ditanam dapat membawa telur planaria yang akan menetas dalam akuarium.

Planaria dapat berkembang biak secara generatif dengan bertelur dan secara vegetatif dengan fragmentasi. Bila bagian tubuh planaria terpotong, masing-masing bagiannya dapat tumbuh menjadi individu baru yang utuh setelah satu minggu. Jadi bila kita memotong planaria menjadi 3 bagian, mereka tidak akan mati malahan akan tumbuh menjadi 3 ekor planaria baru yang identik.

musuh planaria
Bumblebee goby merupakan salah satu musuh alami planaria

Cara mengatasi planaria

Mereka dapat diatasi dengan cara alami dan buatan. Secara alami dapat diatasi dengan memelihara musuh alami planaria. Ikan-ikan yang akan memakan planaria misalnya goby, botia, dan sepat. Namun ikan-ikan ini hanya akan menjaga populasi planaria saja, tidak dapat menghilangkan planaria seluruhnya dari aquascape.

Cara buatan dapat dilakukan dengan menjebak planaria menggunakan jebakan planaria. Jebakan dapat dibuat dengan menggunakan botol berukuran kecil yang diisi bangkai ikan, bangkai udang, atau potongan daging. Botol tersebut kemudian dibiarkan terbuka dalam akuarium hingga cacing-cacing planaria masuk untuk memakan bangkai tersebut. Setelah banyak cacing masuk, botol diambil dari akuarium dan cacing dibuang.

Sebenarnya cacing planaria dapat juga dibunuh dengan obat cacing yang memiliki kandungan zat kimia mebendazole, namun cara ini berbahaya karena dapat membunuh udang dan siput dalam aquascape.

Itulah sedikit informasi tentang cacing planaria yang biasa hadir dalam aquascape, semoga dapat menjadi pencerah bagi teman-teman yang sedang mencari solusi masalah planaria.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Planaria di Aquascape, Penyebab dan Cara Mengatasi"

Post a Comment