Ikan Alligator Gar Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya?

Alligator gar merupakan ikan yang banyak dipelihara penghobi ikan hias karena memiliki bentuk tubuh yang unik. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dengan mulut seperti spatula penuh dengan gigi. Dia mampu mencapai ukuran yang cukup besar hingga 2 m (tergantung jenisnya), jadi perlu dipelihara di akuarium atau kolam yang cukup besar. Karena sekilas mirip dengan alligator (jenis buaya yang hidup di Amerika dan China) ikan ini mendapat sebutan ikan aligator gar.

Alligator merupakan ikan karnivora yang memakan hewan kecil seperti ikan, katak, kepitng, udang, dan hewan kecil lain yang dapat ditemukannya. Dia merupakan ikan asli benua Amerika yang hidup di sungai-sungai dan rawa-rawa berair tenang.

alligator gar
Alligator gar

Banyak orang kepincut memelihara aligator gar ketika melihat ikan ini dipajang di toko ikan hias. Namun banyak orang menjadi bingung setelah membeli karena ikan yang terlihat buas ini malah tidak mau makan. Orang awam biasanya akan memberi makan dengan jangkrik, kecoa, atau ikan mati untuk alligatornya, namun si aligator ternyata tidak mau makan. Apa yang terjadi? Kadang setelah beberapa hari, aligator itu baru mau makan namun setelah itu puasa lagi dalam waktu yang lama.

Sebenarnya apa penyebab alligator kadang kurang memiliki nafsu makan?
Jawabannya adalah jenis makanan yang diberikan.

Di alam, mangsa ikan alligator sebagaian besar adalah ikan-ikan kecil yang dapat dilahapnya. Alligator sangat menyukai ikan, terutama ikan-ikan yang berwarna putih mengkilap (berdasarkan pengalaman saya). Walaupun kadang-kadang dia juga makan serangga atau hewan kecil lain.

Karena makanan utamanya adalah ikan, ketika alligator dalam akuarium diberi makan dengan jangkrik atau kecoa ikan itu tentu segan untuk memakannya.

Jadi yang harus dilakukan oleh hobiis pemula agar ikan aligatornya semangat makan adalah dengan memberinya makan ikan hidup. Mungkin sesekali dapat diselingi dengan hewan kecil lain agar si alligator tidak bosan. Alligator akan lebih semangat ketika diberi makan ikan hidup karena gerakan-gerakan ikan menarik perhatian si alligator.

Penting juga diperhatikan bahwa alligator adalah ikan nocturnal atau aktif di malam hari. Jadi ketika siang dia akan lebih banyak di dasar akuarium dan jarang bergerak. Namun ketika malam tiba, ikan ini mendadak akan lebih aktif dan pada saat inilah waktu yang paling baik untuk memberinya makan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Ikan Alligator Gar Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya?"

  1. "Ikan Alligator Gar Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya?" bener bener berdasarkan pengalaman....jadi yakin pake banget.....makasih ya mas panji tok

    ReplyDelete
  2. Mkasi om... Baru gua pratiin..
    Malam garang dia.. Klo siang blom liat.. Krna siang krja.. Ntr klo minggu gua pratiin dlu

    ReplyDelete
  3. Gan ikan saya kog badannya bagian perut diatas trs ya gan? Gimana solusinya ? Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang terbalik maksudnya gan? Itu mirip gejala penyakit konstipasi pada ikan koki..coba dipuasakan dulu ikannya gan

      Delete
  4. Josss artikel dan webnya bagus gan ^_^

    Nih gan, "Kecoa Dubia" pakan alternatif (bisa bikin tambah gacor, pakan ikan predator dan bisa buat pakan reptile dirumah), mengandung protein lebih tinggi dari pada jangkrik, saatnya beralih dari jangkrik ke kecoa dubia, kecoanya ngga bau loh, kecoa import ^_^

    dan juga kecoa ini mudah di ternak tidak seperti jangkrik yang sangat sulit di ternak dan juga umur kecoa dubia bisa sampai 2 tahun, ngga kaya jangkrik yang 2 minggu sudah mokad ^_^

    Klik Linknya di bawah gan kalau pengen tau lebih tentang kecoa dubia ^_^

    -=Jual Kecoa Dubia, Pakan Alternatif Pengganti Jangkrik=-


    ReplyDelete
  5. thanks infonya http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete
  6. Wah thanks infonya gan, oantes di kasi ayam sama daging sapi ga mau. Emang harus ikan kecil idup rupanya.

    ReplyDelete
  7. Gan kok punya saya nggak nafsu makan trus dia kyk diem terus kdang di permukaan kdang di dasar, warna tubuhnya kyk berubah gitu knp yah?

    ReplyDelete