22 Jenis Ikan Channa Populer

Channa atau snakehead adalah ikan dari family Channidae yang dapat ditemukan di Afrika dan Asia. Ikan predator ini memiliki ciri tubuh panjang, dengan sirip lebar, dan mulut yang besar. Mereka dalam bahasa inggris disebut dengan snakehead karena memiliki bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular.

Beberapa tahun belakangan ini negara kita terutama tanah jawa sedang gandrung dengan ikan channa. Orang berlomba-lomba membeli channa dari berbagai jenis dan memeliharanya dalam akuarium. Padahal jaman dulu mereka hanyalah ikan konsumsi yang tidak terlalu dihiraukan.

Di daerah saya Wonosobo misalnya, anak-anak SD yang dibicarakan adalah ikan channa. Mereka sudah tahu jenis-jenis channa seperti pulchra, maru, asiatica, stewartii, limbata dan lain-lain.

Ada banyak sekali jenis ikan channa di dunia ini, namun dari semua itu saya rangkumkan 22 jenis channa yang cukup populer dan sering menjadi hewan peliharaan.

22 Jenis ikan channa

Channa pulchra

Tidak bisa dipungkiri bahwa pulchra merupakan jenis yang paling umum dipelihara orang. Selain karena harganya murah, channa ini juga sangat mudah diperoleh dan mudah diternak. Tidak jarang kita menemukan penjual channa yang menyediakan pulchra dari mulai ukuran bayi hingga dewasa. Channa ini berasal dari Myanmar.

Channa pulchra
Channa pulchra

Channa ornatipinnis

Ikan ini memiliki postur tubuh dan warna yang mirip dengan pulchra. Yang membedakan adalah adanya bintik hitam yang lebih banyak dan bibirnya yang berwarna kuning. Channa ini berasal dari Myanmar.

Channa ornatipinnis
Channa ornatipinnis

Channa barca

Barca adalah jenis snakehead yang paling mahal dibandingkan lainnya, untuk ikan remaja saja harganya di atas 15 juta rupiah. Ikan ini sangat mahal karena sangat indah dan sulit diperoleh. Di alam dia sangat langka dan budidaya di akuarium atau kolam sangat sedikit yang sukses. Channa ini berasal dari India.

Channa barca
Channa barca

Channa stewartii

Stewartii sering disebut sebagai Channa barca kw karena memiliki warna yang mirip dengan barca. Hanya saja kalau barca ukurannya bisa hampir 1 meter, kalau stewartii panjangnya maksimal hanya sekitar 25 cm saja. Channa ini berasal dari India.

Channa stewartii
Channa stewartii

Channa asiatica

Asiatica memiliki ciri utama tubuh yang cenderung panjang dan ramping. Terdapat tiga varian asiatica, yaitu RS atau red spot, WS atau white spot, dan RSWS atau red spot white spot. Untuk jenis RSWS umumnya lebih disukai karena memiliki perpaduan bintik putih dan corak merah yang indah. Channa ini berasal dari China.

Channa asiatica
Channa asiatica

Channa maruloides

Ini adalah ikan channa kebanggaan Indonesia karena ukuran dan warnanya. Maru dewasa bisa mencapai 1 meter dan punya warna yang sangat indah. Ada varian yang berwarna kuning cerah, dan ada juga varian yang berwarna merah darah. Untuk Maru yang berwarna merah biasanya harganya lebih mahal dari yang berwarna kuning. Channa ini berasal dari Indonesia dan beberapa daerah di Malaysia.

Channa maruloides
Channa maruloides

Channa bleheri

Ikan ini termasuk dalam jenis channa kerdil karena ukurannya maksimal sekitar 17 cm saja. Dia dalam bahasa inggris disebut dengan nama rainbow snakehead karena memiliki kombinasi warna tubuh yang beragam seperti pelangi. Channa ini berasal dari India.

Channa bleheri
Channa bleheri

Channa andrao

Andrao adalah jenis channa kecil seukuran dengan bleheri. Channa ini memiliki warna sirip biru gelap yang indah, dengan jantan lebih berwarna dari betina. Dia berasal dari India.

Channa andrao
Channa andrao

Channa aurantimaculata

Ini termasuk salah satu channa populer yang paling disukai karena keindahan warnanya. Auranti dapat tumbuh besar sekitar 40 cm dengan tubuhnya dominan kuning, hitam, dan semburat biru di siripnya. Dia merupakan channa dengan mental yang cukup bagus, tanpa latihan keras channa ini sudah bisa jadi galak. Dia berasal dari India.

Channa aurantimaculata
Channa aurantimaculata

Channa micropeltes

Monster satu ini adalah ikan asli Indonesia. Ikan ini di Kalimantan disebut dengan nama toman. Termasuk channa yang dapat tumbuh mencapai ukuran sangat besar. Untuk memelihara ikan ini sebaiknya disiapkan akuarium dengan ukuran jumbo. Dia berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Channa micropeltes
Channa micropeltes

Channa limbata (gachua)

Limbata adalah jenis lokal yang sangat umum di sekitar tempat tinggal kita, di Jawa disebut dengan nama Kutes. Channa ini ukurannya agak kecil dengan warna tubuh coklat, sirip kebiruan dan ujung sirip kuning kemerahan. Belum ada yang beternak jenis ini karena jumlahnya di alam masih sangat banyak. Channa ini berasal dari daerah sepanjang Iran dampai Indonesia.

Channa limbata
Channa limbata

Channa orientalis

Orientalis adalah jenis channa yang mirip dengan limbata. Kadang masih dianggap jenis yang sama dengan limbata, namun sebenarnya jenis yang berbeda. Channa ini berasal dari Sri Lanka.

Channa orientalis
Channa orientalis

Channa pleuropthalma

Ini jenis channa unik dengan pola dot-dot besar di tubuhnya. Postur tubuhnya agak berbeda dengan channa pada umumnya. Channa ini ukurannya agak besar dan sangat indah bila dipelihara berpasangan. Channa ini berasal dari Indonesia.

Channa pleuropthalma
Channa pleuropthalma

Channa argus

Channa argus merupakan spesies invasif di Eropa, informasi pertama tentang keberadaanya di Eropa datang dari Cekoslowakia. Ikan ini berasal dari China, Rusia, Korea Utara, dan Korea Selatan.

Channa argus
Channa argus

Channa maculata

Memiliki pola mirip Channa argus, ikan ini juga termasuk spesies invasif di beberapa negara. Dia dapat tumbuh hingga sepanjang 30 cm. Ikan ini berasal dari Chinna, Vietnam, dan Taiwan.

Channa maculata
Channa maculata

Channa lucius

Sangat suka tinggal di perairan dalam hutan. Channa jenis ini berukuran lebih besar dari maculata, dapat tumbuh mencapai 40 cm. Ikan ini berasal dari sepanjang Asia Tenggara hingga China.

Channa lucius
Channa lucius

Channa marulius

Ikan ini memiliki postur yang hampir sama dengan Channa maruloides. Ikan ini ukurannya juga sama dengan maru, warnanya juga bisa menjadi kuning terang seperti maru. Ikan ini berasal dari Asia Selatan.

Channa marulius
Channa marulius

Parachanna obscura

Ikan ini memiliki ciri khas berupa penutup insang yang memanjang pada bagian atasnya, berbeda dengan penutup insang channa pada umumnya. Ikan yang berukuran sedang ini berasal dari Afrika.

Parachanna obscura
Parachanna obscura

Channa striata

Ikan ini dikenal dengan nama gabus dan sudah lama terkenal enak dikonsumsi. Sudah banyak yang membiakkan ikan ini namun tujuannya untuk konsumsi. Namun sekarang karena perkembangan hobi, ikan ini sudah mulai naik pangkat menjadi ikan penghias akuarium. Ikan ini berasal dari daerah sekitar Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh, hingga Asia Tenggara.

Channa striata
Channa striata

Channa bankanensis

Channa ini memiliki kebiasaan tinggal di sungai-sungai daerah gambut dengan air hitam. Channa ini ukurannya cukup kecil, sekitar 24 cm saja. Termasuk channa yang berasal dari Indonesia.

Channa bankanensis
Channa bankanensis

Channa pardalis

Merupakan channa indah yang masih jarang orang memihara. Warna tubuhnya sangat biru dari kepala hingga sirip-siripnya. Bila dilihat sekilas orang awam akan mengira itu adalah jenis pulchra dengan warna sangat biru. Channa ini berasal dari India.

Channa pardalis
Channa pardalis

Channa aurantipectoralis

Channa ini dulunya dianggap sebagai jenis yang sma dengan Channa limbata (gachua), namun perkembangan terbaru sudah terpisah menjadi jenis sendiri. Postur tubuh, ukuran dan warnanya cukup mirip dengan Channa bleheri. Ikan ini berasal dari India.

Channa aurantipectoralis
Channa aurantipectoralis

Kalau diperhatikan dari ke-22 jenis channa tersebut kita akan menemukan fakta bahwa sebagian besar berasal dari India. Mengapa India mencetak begitu banyak ikan channa? itu masih menjadi misteri. Mungkin karena banyaknya sungai besar dan anak sungai di wilayah India yang begitu luas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "22 Jenis Ikan Channa Populer"

Post a Comment