9 Macam Makanan untuk Ikan Blackghost

Blackghost (Apteronotus albifrons) adalah ikan karnivora yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini pemakan daging jadi kalau dipelihara dalam akuarium sebaiknya diberi makanan yang berasal dari sumber-sumber hewani. Namun bila sudah dilatih dengan baik, ikan yang mirip bulu ayam ini juga bisa makan pelet apung yang berukuran kecil.

Pengalaman pertama saya memelihara blackghost sekitar 15 tahun lalu, saya beri makan dengan pelet merk Takari dan alhasil ikan tidak mau makan dan akhirnya mati. Itu terjadi karena dulu saya belum paham kalau ikan ini sebenarnya adalah karnivora atau pemakan daging.

cacing kering
Cacing kering adalah salah satu makanan kegemaran blackghost yang mudah diperoleh.

Ikan ini adalah hewan malam, mereka lebih sering makan di malam hari atau saat lampu akuarium dimatikan. Saat siang atau saat lampu akuarium menyala kadang ikan ini malas makan dan lebih suka bersembunyi.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan blackghost peliharaan kita.

Cacing kering

Cacing kering adalah makanan blackghost yang paling mudah diperoleh. Cacing kering ini bisa dibeli dengan mudah di toko akuarium dan harganya juga murah. Cacing kering ini biasanya ada dalam bentuk balok-balok kecil, kita bisa mencuilnya dulu sebelum memberikannya pada ikan blackghost.

Cacing sutra

Cacing sutra atau cacing tubifex sebenarnya adalah bentuk hidup dari cacing kering di atas. Cacing ini biasanya akan menggerombol dan membentuk kumpulan di dalam air bersih. Cacing sutra segar memiliki kandungan gizi dan vitamin yang belum rusak jadi sangat bagus untuk blackghost.

Cacing darah

Cacing darah sekilas mirip seperti cacing sutra hanya saja cacing ini tubuhnya memiliki segmen-segmen yang jelas terlihat. Cacing darah ukurannya lebih pendek dari cacing sutra namun lebih gemuk dan tidak menggerombol seperti cacing sutra.

Jentik nyamuk

Jentik nyamuk dapat diperoleh dengan mudah di air-air menggenang sekitar rumah. Walaupun termasuk hama yang tidak disukai manusia, jentik nyamuk ternyata sangat disukai ikan blackghost. 

Daphnia

Daphnia atau kutu air dewasa dapat diberikan pada blackghost namun harus hati-hati dengan pompa akuarium. Karena ukurannya yang cukup kecil, daphnia dapat tersedot pompa dan akhirnya mati dan menjadi sampah di filter akuarium.

Pelet kecil

Kita bisa melatih blackghost makan pelet namun pelet yang digunakan sebaiknya ukurannya kecil. Saya sarankan menggunakan pelet ikan cupang. Blackghost memakan makanan dengan menghisap memalui mulutnya, kalau peletnya terlalu besar tidak akan masuk ke dalam lubang mulutnya. Jadi pelet yang dipilih sebaiknya berukuran kecil.

Fairy shrimp

Untuk pakan yang satu ini sulit diperoleh karena kita harus kultur sendiri dari telur. Hewan ini ukurannya dapat mencapai beberapa cm dan dapat diberikan pada blackghost kecil maupun dewasa.

Ulat hongkong

Ulat hongkong dapat diberikan hanya pada blackghost yang sudah cukup besar. Blackghost yang ukurannya masih di bawah 15 cm sebaiknya jangan diberi ulat hongkong karena belum bisa memakannya.

Udang mini

Bagi teman-teman yang punya aquascape dan memelihara udang mini (red cherry shrimp, blue diamond dll) bisa memberikan anak udang yang sudah cukup besar pada blackghost. Udang ini mudah sekali berkembangbiak, jadi untuk mengurangi populasinya bisa dengan memberikannya pada ikan peliharaan termasuk blackghost.

Itu adalah beberapa makanan yang bisa diberikan pada ikan blackghost. Akan lebih baik kalau kita tidak memberi makan hanya satu jenis saja namun diselingi dengan pakan lain agar kebutuhan nutrisi ikan tercukupi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 9 Macam Makanan untuk Ikan Blackghost"

Post a Comment