Kenapa Blackghost Sering Sembunyi dan Jarang Bergerak ?

Melihat gerakan ikan blackghost (Altenopterus albifrons) berenang sangatlah indah, ikan ini punya sirip yang unik mirip seperti umbul-umbul. Ikan ini kadang juga disebut ikan bulu ayam karena bentuknya itu.

Memelihara blackghost itu gampang-gampang susah, gampang kalau sudah terbiasa tapi kalau baru pemula tentu akan merasa kesusahan. Ikan ini gampang mati kalau kita salah dalam merawatnya.

ikan blackghost
Blackghost sedang sembunyi di antara tanaman air

Salah satu masalah yang sangat sering dialami ketika memelihara blackghost adalah ketika ikan sering sembunyi di bebatuan, hanya diam dan jarang berenang keluar. Ini tentu sangat menganggu karena kita jadi tidak bisa melihat keindahan ikan peliharaan kita. Sebenarnya ada beberapa penyebab blackghost lebih suka sembunyi, berikut ini penjelasannya.

Ikan sedang stress

Salah satu penyebab utama blackghost tidak mau berenang keluar dari persembunyiannya adalah karena stress. Ikan stress jadi malas bergerak dan cenderung diam saja. Stress pada ikan bisa diakibatkan karena air yang kotor, air baru diganti, atau ada ikam ganas dalam akuarium.

Untuk mengatasi stress ini kita harus identifikasi dulu penyebabnya baru bisa dicari solusinya. Kalau karena air kotor maka harus segera diganti airnya, kalau karena adanya ikan ganas maka harus segera dikeluarkan dari akuarium.

Sifat alami ikan

Blackghost adalah ikan nocturnal (aktif di malam hari), dia lebih suka beraktifitas saat kondisi kurang cahaya. Jadi bila dipelihara dalam akuarium dengan cahaya terlalu terang kadang dia merasa tidak nyaman dan lebih suka sembunyi. Ikan ini lebih banyak aktif dan mencari makan di malam hari.

Jadi saya sarankan gunakan cahaya secukupnya saja, jangan terlalu terang agar ikan ini tetap nyaman dan tidak banyak sembunyi. Kalau cahaya lampu terlalu terang, biasanya blackghost baru akan aktif saat lampu akuarium dimatikan.

Ikan yang kenyang

Dalam banyak kasus, ikan yang terlalu kenyang menjadi penyebab utama mereka tidak banyak bergerak. Ikan bergerak kesana kemari karena tujuannya untuk mencari makan. Jadi kalau sudah kenyang mereka jadi malas untuk bergerak dan lebih suka diam saja.

Jadi kita harus pintar-pintar mengatur pola makan ikan agar tidak terlalu kenyang juga tidak kurang makanan. Pemberian makan yang terlalu banyak juga sebenarnya tidak baik untuk metabolisme tubuh. Bayak kasus terjadi ikan mati dan sakit karena terlalu banyak makan.

Ikan yang sakit

Blackghost kadang terserang penyakit seperti ikan-ikan pada umumnya. Penyakit yang kerap menyerang biasanya adalah bintik putih (white spot) dan jamur pada sirip. Bila ikan sedang sekit tentu saja mereka jadi malas makan dan bergerak. Hari-harinya dihabiskan di persembunyian yang biasanya malah semakin memperburuk kesehatannya.

Maka apabila kita amati ada tanda-tanda blackghost sakit sebaiknya segera diobati agar ikan bisa aktif lagi.

Itu adalah beberapa penyebab yang membuat ikan blackghost malas bergerak dan cenderung diam di dalam persembunyiannya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Blackghost Sering Sembunyi dan Jarang Bergerak ?"

Post a Comment