Synodontis, Pasangan Yang Sangat Cocok Untuk Blackghost

Synodontis adalah jenis catfish yang berasal dari Afrika, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara bersama blackghost. Seperti kita tahu, bahwa blackghost cukup galak bila dipelihara bersama ikan-ikan kecil seperti guppy dan tetra. Blackghost sebaiknya dipelihara dengan ikan jinak yang ukurannya agak besar.

synodontis eupterus
Synodontis eupterus memiliki sirip yang indah

Nah synodontis adalah pasangan yang serasi untuk menemani blackghost dalam satu akuarium. Ada beberapa alasan yang mendasari saya berpendapat seperti itu, berikut ini adalah penjelasannya.

Synodontis adalah pemakan dasar

Jadi synodontis adalah tipikal ikan yang mencari makan di dasar akuarium. Beberapa jenis memiliki kebiasaan mengambil makanan di permukaan air seperti upside down catfish, namun kebanyakan adalah pencari makan di dasar. Jadi ikan ini akan mencari makanan yang telah jatuh di dasar akuarium.

Menjadi sangat cocok dengan blackghost karena blackghost sendiri lebih sering mencari makanan di permukaan (ketika diberi makan cacing kering atau pelet). Jadi karena blackghost ini mencari makan di permukaan sedangkan synodontis mencari makan di dasar maka tidak akan terjadi persaingan di antara keduanya.

Blackhost yang diberi makan pelet atau cacing kering biasanya tidak akan memakan semua makanannya karena ikan ini memiliki penglihatan yang buruk. Jadi hampir selalu ada makanan sisa yang jatuh ke dasar akuarium. Nah ketika makanan ini jatuh menjadi tugas bagi synodontis untuk memakannya. Synodontis akan berenang kesana-kemari mendeteksi makanan di dasar akuarium menggunakan kumis di sekitar mulutnya.

Synodontis dapat menjamin semua makanan di dasar akuarium bersih dan tidak menjadi sampah. Jadi akuarium akan bersih dari sampah sisa makanan ikan.

Synodontis adalah ikan jinak

Sudah tidak perlu didebat lagi, ikan ini adalah ikan super jinak yang tidak suka bertarung dengan ikan lain. Jadi tidak akan terjadi serangan pada blackghost di dalam akuarium. Namun perlu hati-hati kalau memelihara synodontis 2 ekor, sebaiknya ukurannya sama, karena kalau berbeda synodontis yang lebih besar kadang akan membully yang lebih kecil. Tapi kalau dipelihara lebih dari 4 ekor biasanya mereka akan akur walaupun ukurannya agak berbeda.

Synodontis juga memiliki sirip indah

Synodontis memiliki sirip yang agak panjang terutama dari jenis Synodontis eupterus. Sirip punggung, renang, dan ekornya lancip dan panjang. Tipikal sirip panjang ini sangat serasi dengan blackghost yang memiliki sirip unik seperti umbul-umbul.

Synodontis dapat berukuran cukup besar

Seperti halnya blackghost yang dapat berukuran cukup besar, ikan synodontis juga dapat tumbuh hingga sekitar 30 cm. Jadi baik blackghost dan synodontis akan tumbuh besar bersama dan menua bersama dalam akuarium. Mereka malah kadang terlihat berdekatan di spot yang sama (dalam lubang yang sama) tanpa saling menyerang.

Synodontis berwarna kalem

Blackghost warnanya hitam dengan pola putih. Sedangkan Synodontis warnanya bervariasi dari hitam, coklat, krem, dan putih gelap tergantung jenisnya. Jadi ketika dipelihara dengan blackghost tidak akan terlihat "njeglek". Mereka memiliki tipikal warna yang serupa sehingga saling melengkapi tidak membuat salah satu ikan nampak kurang menarik.

Itu adalah beberapa alasan mengapa saya menganggap bahwa synodontis adalah tankmate yang sangat sesuai untuk blackghost. Saya sendiri punya akuarium cukup besar dengan 2 ekor blackghost dan 2 ekor synodontis, mereka sangat akur dan indah.

Saya dulu pernah mencampur blackghost dengan manfish dan beberapa ikan lain. Mereka memang tidak berantem, tapi sayangnya punya wilayah berburu makanan yang sama di atas permukaan air. Karena mencari makan di wilayah yang sama akhirnya makanan yang jatuh tidak ada yang membersihkan dan malah menjadi sampah yang mengotori akuarium.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Synodontis, Pasangan Yang Sangat Cocok Untuk Blackghost"

Post a Comment