Channa Limbata Golden, Sebuah Fenomena Abnormal

Channa limbata dulu tidak punya nilai ekonomis tapi sekarang sudah umum diperjual belikan sebagai ikan hias. Limbata yang warnanya bagus harganya bisa mencapai ratusan ribu, bahkan sekarang sudah banyak dijumpai Channa limbata golden di pasaran yang harganya lumayan mahal.

Channa limbata golden punya warna kuning keemasan di seluruh tubuhnya, channa ini tidak punya semburat biru seperti Channa limbata biasa. Banyak orang salah kaprah dan menganggap bahwa limbata golden adalah jenis yang berbeda dengan limbata biasa. Padahal sebenarnya limbata golden dan limbata biasa adalah jenis yang sama.

Channa limbata golden

Limbata golden muncul karena kejadian langka yang disebut leucisme, hampir mirip-mirip seperti albino tapi tidak sama. Kalau albino teman-teman pasti sudah paham dan tidak asing lagi, tapi kalau leucisme pasti banyak yang masih asing.

Leucisme adalah kondisi yang menyebabkan hewan kehilangan sebagaian pigmentasi tubuhnya. Pada kasus albino hewan kehilangan seluruh pigmen tubuhnya sehingga warna tubuhnya jadi putih, sedangkan pada leucisme mereka hanya kehilangan sebagian pigmen tubuhnya dan warnanya menjadi kuning agak gelap.

Leucisme terjadi karena mutasi pada gen-gen penentu warna tubuh hewan. Channa limbata golden adalah jenis limbata yang mengalami mutasi genetik sehingga kehilangan sebagian pigmen tubuhnya. Leucisme dapat menurun pada keturunannya, oleh karena itu limbata golden yang dikawinkan dengan sesama golden akan menghasilkan anakan yang golden pula.

Leucisme tidak hanya terjadi pada ikan channa namun juga pada hewan lain misal pinguin, ikan lele, paus pembunuh, dan singa. Leucisme adalah kejadian yang langka dan biasanya di alam hewan yang punya sifat leucisme akan sulit bertahan terhadap predator karena warnanya mencolok dan mudah terlihat.

Leucisme pada Channa limbata telah membuat harga limbata semakin mahal. Untuk limbata golden ukuran kecil saja harganya bisa 100 ribu rupiah, yang besar tentu lebih mahal lagi. Dulu limbata golden masih langka tapi sekarang sudah lebih mudah dijumpai di pasaran.

Channa limbata di daerah saya tinggal disebut dengan nama ikan kotes. Dulu waktu kakek saya masih kecil pernah menemukan limbata putih di sungai, namun malah ketakutan karena dikira ikan hantu. Coba ikan itu ketemunya sekarang sudah pasti harganya mahal hahaha.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Channa Limbata Golden, Sebuah Fenomena Abnormal"

Post a Comment