Channa Ornatipinnis Yellow Lips, Asal Usul, Perawatan, dan Perkawinan

Channa ornatipinnis yellow lips adalah jenis gabus yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Ikan ini berasal dari Myanmar dan dalam bahasa inggris disebut dengan Burmese Spotted Snakehead.

Channa yellow lips
Channa orna yellow lips

Ikan ini ukuran maksimalnya sekitar 25 cm, jadi termasuk jenis channa kerdil. Tubuhnya berwarna biru dengan pola-pola bercak hitam di penutup insang dan tubuhnya. Yang menjadi ciri khas adalah bibir atas dan bawahnya yang berwarna kuning.

Asal-Usul Channa Yellow Lips

Yellow lips pertama kali dideskripsikan pada tahun 2007 dan sejak itu menjadi salah satu jenis channa yang dijual secara luas. Mereka hidup liar di sungai Irrawadi dan sungai Sitang di Myanmar.

Kedua sungai tersebut sumber airnya berasal dari gunung Himalaya. Jadi airnya kadang banyak dan kadang sedikit. Ketika musim panas dan salju himalaya banyak mencair maka kedua sungai tersebut penuh air. Namun ketika musim dingin tiba kedua sungai tersebut airnya akan berkurang drastis.

Channa ini terbiasa hidup di daerah dengan kondisi air yang berubah-ubah. Mereka di alam kadang ditemukan merangkak di darat untuk berpindah dari satu genangan air ke genangan air berikutnya. Ketika merangkak di darat tubuhnya membentuk huruf S kemudian akan bergerak seperti ular. Kadang juga disertai lompatan kecil yang disebabkan dorongan tubuh bagian belakangnya.

Mereka hanya hidup di wilayah yang cukup sempit sehingga jumlahnya di alam tidak terlalu banyak. Dengan maraknya hobi memelihara channa yellow lips sekarang ikan ini terancam punah di alam karena jumlahnya semakin berkurang drastis.

Perawatan Channa Yellow Lips

Channa ini saat masih kecil dapat dipelihara berkelompok, namun saat besar sebaiknya dipelihara soliter atau dengan pasangannya. Karena ukurannya yang kecil, Channa ini bisa dipelihara dalam akuarium yang tidak terlalu besar. Ukuran minimal untuk memelihara seekor yellow lips adalah akuarium dengan panjang 50 cm.

Channa ini saat masih kecil akan memakan kutu air, cacing sutra, dan cacing darah. Namun saat sudah besar dapat diberi makan ikan kecil, udang, cacing, ulat hongkong, katak kecil dan sumber makanan hewani lainnya. Bila sudah dilatih mereka juga dapat diberi makan pelet apung.

Pasangan channa orna yellow lips
Pasangan Channa yellow lips

Untuk memunculkan warnanya, makanan yang cukup baik diberikan adalah kombinasi udang dengan pelet premium blue. Udang dapat diberikan seminggu sekali dan untuk makanan harian diberi pelet premium blue. Sesekali pelet premium yellow juga perlu diberikan agar warna kuningnya semakin tajam.

Menurut sumber yang sudah lama memelihara yellow lips, mereka akan hidup lebih sehat bila dipelihara dengan kombinasi suhu yang berbeda beda. Maksudnya adalah beberapa bulan sekali suhu akuarium harus diturunkan dan tinggi air dikurangi seperti yang terjadi di lingkungan aslinya di Myanmar. Dengan perlakuan dingin ini yellow lips akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit. 

Perkawinan Yellow lips

Yellow lips akan berpasangan (pairing) dengan pasangannya seumur hidup. Ketika masih remaja dan hidup dalam kelompok mereka akan memilih pasangannya dan memisahkan diri dari ikan lainnya.

Ketika sudah terbentuk pasangan, sebaiknya mereka dipisah dari ikan-ikan lain agar bisa segera kawin. Sebaiknya dalam akuarium kawin diberi serabut rafia atau tanaman air untuk memicu ikan bertelur.

Sebelum kawin, ikam jantan dan betina akan flaring atau saling mengembangkan siripnya dan berenang ber-iringan kesana kemari. Setelah beberapa saat flaring, pasangan akan saling membelit untuk kawin, dimana betina akan mengeluarkan telur dan jantan mengeluarkan sperma. 

Jantan dan betina akan merawat anak-anak yang baru menetas bersama. Mereka akan menjaga anak-anaknya dari gangguan ikan dan hewan lain. Setelah anaknya menetas sebaiknya induk dibiarkan menjaga anaknya selama beberapa saat sampai cukup kuat untuk hidup sendiri.

Channa ornatipinnis yellow lips termasuk jenis gabus langka di Indonesia. Jadi harganya di pasaran masih mahal. Untuk anakan yang baru berumur 3 minggu saja harganya dapat mencapai beberapa ratus ribu rupiah. 

Itu adalah beberapa informasi tentang Channa yellow lips. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Channa Ornatipinnis Yellow Lips, Asal Usul, Perawatan, dan Perkawinan"

Post a Comment