Empat Alasan Channa Barca Sangat Mahal

Channa Barca adalah jenis ikan channa paling mahal. Ikan ini dapat mencapai ukuran 1 m dengan harga mencapai 100 juta bahkan lebih kalau kualitasnya super.

Channa barca kecil harganya juga mahal, setiap penambahan ukuran 1 cm harganya juga naik 1 juta. Jadi kalau kita melihat channa dengan ukuran 30 cm maka bisa diperkirakan harganya paling tidak 30 juta rupiah.

channa barca
Channa barca

Beberapa alasan yang membuat Channa barca mahal adalah sebagai berikut.

Ikan yang langka

Channa ini berasal dari hulu sungai Brahmaputra di utara India dan Bangladesh. Ikan ini memiliki persebaran yang cukup sempit hanya di bagian hulu sungai yang berair bersih. Selain memiliki persebaran yang sempit, ikan ini juga sangat langka di habitat aslinya. Bahkan di bangladesh ikan ini masuk kategori Critically Endangered atau terancam punah. Sedangkan di India ikan ini dilindungi undang-undang dan dilarang ekspor ke negara lain.

Jaman dulu karena ukurannya yang besar ikan ini sempat dijadikan bahan makanan bagi warga sekitar. Sempat juga ada masa ketika ikan ini ditangkap dan di ekspor ke negara lain sebagai ikan hias. Akibatnya sekarang jumlahnya semakin sedikit dan akhirnya dilindungi.

Sulit diternak

Ternak channa andrao sudah banyak, channa pulchra lebih banyak, channa stewarti banyak juga, tapi yang ternak channa barca masih sangat sedikit hanya satu atau dua saja yang sudah berhasil. Saya masih ingat di channel Irfan Hakim yang ingin menjodohkan barca milikya dengan punya orang lain dan berakhir dengan perkelahian.

Karena sulit diternak dan yang berhasil masih sedikit, membuat channa ini jumlahnya di pasaran masih sedikit sehingga harganya menjadi mahal. Hal ini sesuai dengan hukum ekonomi apabila banyak orang mencari tapi barang sedikit maka harga barang tersebut akan semakin mahal.

Ikan yang disembunyikan

Percaya atau tidak, peternak barca yang sudah berhasil dan sukses tetap akan menyembunyikan ikan hasil ternakannya agar harganya tidak jatuh. Kalau mereka melepas semua ikannya ke pasaran tentu akan membuat penurunan harga.

Jadi peternak biasanya akan mengatur kapan mengeluarkan ikannya, mereka akan memelihara ikannya sampai cukup besar dan dikeluarkan secara bertahap agar tidak terlalu banyak barang yang beredar di pasar. Strategi ini sudah sangat umum digunakan oleh peternak hewan, bukan hanya ikan bahkan hewan-hewan lain seperti burung dan lain-lain.

Ikan yang indah

Ini adalah alasan utama kenapa banyak orang mencari channa barca, karena keindahannya. Warna tubuhnya biru muda dengan dot-dot hitam dan sirip ekor bergaris kuning sangat indah dipandang mata. Apalagi ikan ini ukurannya bisa cukup besar jadi semakin menambah keren pamor ikan ini sebagai ikan kelas atas.

Channa barca yang punya mental galak, tubuh langsing, dan sirip gondrong akan sangat indah sekali ketika dipelihara di akuarium besar. Membuat mata tak jenuh memandang dan menikmati keindahannya.

Channa ini dapat berukuran 1 m bahkan lebih, jadi sebaiknya dipelihara dalam akuarium yang ukurannya besar. Saya sering melihat channa maru yang berukuran besar dipelihara bersama ikan predator lain dalam megatank. Tapi sampai sekarang saya belum pernah melihat si barca dipelihara bersama ikan predator lain. Paling-paling barca dipelihara dengan ikan-ikan berukuran sedang yang jinak seperti manfish, discus dan sejenisnya.

Jadi kesimpulannya channa ini mahal karena indah tubuhnya, banyak orang mencari, dan sangat sedikit barang yang tersedia di pasaran.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Empat Alasan Channa Barca Sangat Mahal"

Post a Comment