Ingin Channa Super Galak, Pilih Channa Auranti Saja

Bagi teman-teman yang suka memelihara ikan channa tentu sangat suka kalau channa peliharaannya bersifat galak. Channa memang dikenal karena memiliki sifat cukup galak sehingga channa dewasa sebaiknya dipelihara dalam akuarium soliter kecuali kalau mau budidaya.

Terdapat banyak jenis ikan channa yang dapat dibeli di toko akuarium sekitar kita. Mulai dari jenis yang ukurannya kecil seperti Channa andrao hingga yang berujuran jumbo seperti channa maruloides.

Chana atau snakehead yang jenisnya macam-macam itu juga memiliki karakter yang berbeda beda. Channa asiatica misalnya memiliki karakter kalem dan agak sulit untuk dilatih menjadi galak. Channa andaro dan bleheri juga sifatnya cukup kalem namun lebih aktif dibandingkan Channa asiatica.

Ikan channa perlu dilatih setiap hari agar mentalnya menjadi lebih berani dan galak. Untuk melatih mental channa dapat membaca artikel berikut ini :

Baca juga : Cara Membuat Channa Galak Mental Preman

Namun bila teman-teman kepingin punya channa yang galak tanpa susah-susah melatihnya, saya sarankan membeli channa auranti.

channa auranti
Channa aurantimaculata

Channa auranti atau lebih lengkapnya Channa aurantimaculata adalah jenis ikan gabus dengan warna tubuh coklat dengan pola garis kuning di tubuhnya. Ikan ini berasal darj sungai Brahmaputra India.

Auranti adalah jenis channa yang memiliki sifat galak sedari lahir. Ikan ini memiliki karakter berani dan tidak mudah stress bila dipelihara di tempat ramai. Jadi bila teman-teman ingin channa galak tapi tidak ingin susah-susah melatih ya pilihlah jenis auranti. 

Channa auranti kecil-pun sudah bersifat galak. Begitu ada orang yang mendekat akuarium, dia akan aktif bergerak untuk mendekatinya. Bila kita mengangkat tangan di depan akuarium, ikan ini akan melompat seolah ingin menjangkau tangan kita.

Setelah dewasa channa auranti akan semakin galak dan semakin indah warnanya. Bahkan ketika tangan kita mendekat kadang ikan ini akan membuka mulutnya lebar-lebar seperti mau menggigit kita. Benar-benar channa galak yang sangat menarik dipelihara.

Tingkat kegalakan auranti ada di atas Channa pulchra dan Channa maruloides. Pokoknya dia sangat galak deh.

Namun untuk memperoleh Channa auranti memang kita harus merogoh saku agak dalam. Ikan berukuran sekitar 5 cm harganya bisa mencapai 200 ribu rupiah, yang lebih besar tentu harganya lebih mahal lagi. Namun semua itu sebanding dengan keindahan dan betapa galaknya ikan ini.

Tonton juga videonya di bawah ini :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ingin Channa Super Galak, Pilih Channa Auranti Saja"

Post a Comment