Cara Membuat Nila Monosex Sendiri Di Rumah

Nila monosex adalah jenis ikan nila yang memiliki jenis kelamin sama, biasanya berjenis kelamin jantan. Pembesaran nila jantan lebih disukai karena akan lebih cepat besar dibandingkan nila betina.

Nila jantan memiliki kecepatan pertumbuhan yang lebih baik daripada nila betina. Nila jantan tumbuh 30% sampai 50% lebih cepat daripada nila betina pada umur yang sama. Jadi bila kita bisa membesarkan nila yang semua jenis kelaminnya jantan tentu akan lebih menguntungkan daripada membesarkan nila dengan jenis kelamin campuran.

Cara Memperoleh Nila Monosex

Nila bisa menjadi jantan semua karena memperoleh perlakuan khusus beberapa hari setelah telur menetas. Biasanya larva ikan nila akan diberi makanan yang sudah dicampur enzim testosteron sehingga nila betina akan berubah menjadi nila jantan.

Dulu untuk mendapatkan nila monosex kita harus membeli di balai-balai perikanan yang sudah memiliki teknologi modern. Namun sekarang kita bisa membuat nila monosex sendiri karena bahan bahan untuk membuatnya sudah banyak dijual di pasaran.

Bahan utama yang bisa dibeli adalah metiltestosteron yang digunalan sebagai campuran pakan. Satu merk yang sudah umum dan mudah diperoleh adalah merk ARGENT. Hormon ini bisa diperoleh dengan mudah di toko toko online dan harganya pun cukup terjangkau.

hormon monosex
Produk hormon untuk jantanisasi (membentuk kelamin jantan) ikan nila

Cara Menggunakan Hormon

Produk yang dijual dengan merk ARGENT dalam satu paket terdiri dari :

  • 17 A MT testosteron 100 mg
  • Larutan ethanol 96% 100 ml

Testosteron tersebut dicampur dengan pakan dengan cara berikut ini :

  • 100 mg bisa untuk 2 kg pakan 
  • Larutkan 100 mg hormon kedalam 100 ml ethanol 96%
  • Aduk hingga hormon larut
  • Semprotkan merata pada permukaan 2 kg pakan,aduk merata.
  • Jangan dikeringkan dibawah sinar matahari. 
  • Simpan didalam kulkas atau tempat sejuk.
  • Berikan pada larva ikan umur 4 hari.
  • Pakan campuran hormon diberikan ke larva ikan selama 21 hari.
Hormon testosteron yang diberikan pada larva ikan yang baru menetas akan membuat ikan betina berdiferensiasi menjadi jantan. Pada awal-awal saat larva baru menetas, jenis kelaminnya masih berkembang dan belum sempurna. Jadi ketika larva tersebut memperoleh tambahan testosteron akan mempengaruhi perubahan jenis kelamin betina menjadi jantan.

Larva nila yang baru dikeluarkan oleh induknya dari mulutnya (dalam bahasa jawa disebut nyemprul) dipisahkan dari induknya di kolam lain. Kemudian larva nila tersebut diberi makan yang sudah dicampur hormon. Pemberian pakan ini diberikan selama 21 hari. 

Dengan cara sederhana ini kita bisa membuat nila monosex sendiri di kolam pekarangan. Namun yang perlu diperhatikan adalah hormon yang kita beli harus yang asli. Karena kadang ada penjual nakal yang sudah mengganti hormon dengan cairan yang warnanya mirip namun bukan hormon. Jadi teman teman yang mau mrmbeli harus dipastikan dulu keaslian produknya.

Saya tidak menjual hormon ataupun produk ARGENT ini, saya hanya menyampaikan informasi untuk membuat nila monosex sendiri. Teman-teman bisa membeli sendiri di Tokopedia atau Shopee, cukup dengan mengetik "Hormon Jantanisasi Ikan" di Tokopedia atau Shopee.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Nila Monosex Sendiri Di Rumah"

Post a Comment