Red Cherry Shrimp Si Pemakan Sampah Aquascape

Red cherry shrimp (Neocaridina Sp.) adalah jenis udang merah hias yang sangat bermanfaat untuk dipelihara dalam akuarium. Mereka merupakan tukang bersih-bersih yang sangat baik dalam membersihkan alga di aquascape kita.

Selain membersihkan alga, udang kecil ini juga sangat bermanfaat dalam memakan sampah daun yang sudah membusuk. Daun tumbuhan air yang sudah tua tentu akan membusuk dan rontok dari batangnya. Bila dibiarkan saja daun ini bisa mengotori air dan membuat akuarium nampak tidak indah.

Udang merah hias memakan sampah

Nah dengan memlihara red cherry shrimp, kita tidak perlu lagi kuatir dengan sampah-sampah daun ini. Karena si udang ini yang akan memakan daun-daun itu hingga habis. Udang ini akan mencabik daun sedikit-demi sedikit dan memakan potongan-potongan kecil daun dari capitnya. 

Saya punya banyak red cherry shrimp dalam akuarium, karena mereka sangat mudah berkembangbiak. Jumlahnya mungkin lebih dari 20 ekor di akuarium. Padahal sudah sering saya ambil untuk saya lepas atau saya berikan pada orang atau saya umpankan pada ikan predator. Namun jumlahnya masih banyak saja, seakan-akan mati satu tumbuh seibu.

Bila ada 1 daun criptocorine yang busuk dan rontok, biasanya hanya butuh 1 hari hingga daun ini habis tak berbekas karena dimakan red cherry shrimp. Saya jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk membuang daun-daun yang busuk karena sudah ada petugas cleaning service yang selalu siap sedia.

Hampir semua jenis daun busuk akan dimakan oleh udang ini. Namun untuk beberapa jenis daun keras seperti java fern biasanya tidak akan habis dan sisa tulang daunnya saja. Tapi untuk jenis-jenis daun lunak seperti criptocorine, montecarlo dan sejenisnya semua akan dilahap habis tak bersisa.

Jadi udang ini sangat bermanfaat sekali untuk dipelihara dalam aquascape. Bila teman-teman berencana untuk membuat aquascape jangan lupa untuk selalu memasukkan udang ini pada daftar beli sebagai tukang bersih-bersih yang tangguh.

Sedikit info tambahan saja, udang ini termasuk jinak dan dapat dipelihara dengan jenis ikan-ikan kecil yang jinak pula. Ikan yang bisa dipelihara bersama udang ini misalnya adalah platy, guppy, molly, tetra, rasbora, dan ikan jinak lainnya. Tidak disarankan untuk memelihara udang ini bersama siklid, botia, manfish, blackghost, dan kuhli loach karena mereka suka sekali makan udang-udang kecil.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Red Cherry Shrimp Si Pemakan Sampah Aquascape"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q :-* (f) (f) (f)

    ReplyDelete