Black Skirt Tetra, Awalnya Diremehkan Kini Malah Dicari

Black skirt tetra (Gymnocorymbus ternetzi) adalah ikan yang sering diremehkan orang. Kenapa? Karena dianggap warna dan bentuknya kurang menarik.

Jujur saja, saya juga kurang tertarik dengan ikan ini awalnya. Warnanya cuma itu-itu saja, hitam, bentuknya juga itu-itu saja, tidak ada yang spesial.

Black skirt tetra
Black skirt tetra

Ketika dipelihara dalam akuarium, ikan ini seringnya hanya sebagai pelengkap sempurnanya sandiwara saja. Hanya sebagai ikan pelengkap, bukan ikan utama. Maklum saja pesona ikan ini masih kalah jauh dengan ikan tetra lain misal neon tetra, cardinal tetra, congo tetra dan lain lain.

Tapi sekarang si black skirt tetra sudah berubah secara perlahan menjadi primadona ikan hias akuarium air tawar. Bagaimana bisa? 

Karena sekarang sudah muncul berbagai variasi warna ikan ini. Ada yang warna merah, kuning, hijau, dan biru. Bahkan yang lebih hebat lagi, ikan-ikan itu nampak glowing kalau terkena cahaya lampu.

Ikan tetra ini disebut dengan glofish.

Ikan ini merupakan hasil rekayasa genetika terhadap black skirt tetra sehingga bisa menghasilkan berbagai macam warna.

Para ilmuwan menyisipkan gen warna dari ubur ubur dan karang pada DNA black skirt tetra sehingga bisa menghasilkan individu baru yang memiliki warna cemerlang.

Beberapa warna ikan glofish yang tersedia di pasaran adalah Starfire Red, Moonrise Pink, Sunburst Orange, Electric Green, Cosmic Blue, and Galactic Purple. 

Glofish tetra
Berbagai macam warna glofish tetra

Teknologi yang digunakan untuk menyisipkan gen ini tentu tidak murah makanya harga si glofish ini masih cukup mahal. Namun sepadan dengan keindahannya. 

Glofish awalnya dikembangkan di National University of Singapora, oleh Dr. Zhiyuan Gong dan koleganya. Awalnya glofish dikembangkan bukan sebagai ikan hias tapi untuk indikator polusi lingkungan air. Tapi kemudian terciptanya ikan yang menyala ini menarik perhatian Yorktown technologies untuk memasarkan ikan ini sebagai ikan hias model baru.

Glofish adalah ikan yang dilindungi hak paten atau hak cipta. Jadi orang lain selain perusahaan glofish dilarang membudidayakan dan menjual ikan ini. Pada tahun 2017 Spectrum brands inc membeli hak cipta atas glofish dari Yorktown technologies dan mulai memasarkan ikan ini di bawah bendera baru.

Jadi karena ikan ini ada hak patennya, bila ada orang yang membudidaya dan menjual glofish secara diam-diam dan ketahuan oleh perusahaan pemilik hak ciptanya, maka bisa dilaporkan dan siproses secara hukum.

Oleh karena itu kita kalau membeli glofish sebaiknya langsung dari agen yang resmi jangan dari sembarang penjual. Walaupun harga ikan lebih mahal di agen resmi tapi kualitas ikan terjamin dan warnanya juga lebih bagus.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Black Skirt Tetra, Awalnya Diremehkan Kini Malah Dicari"

Post a Comment