Neolamprologus Brevis yang Gampang di Servis

Neolamprologus brevis atau Brevis shelldweller adalah ikan siklid kecil yang berasal dari danau Tanganyika. Ikan ini hidup di dasar danau dan dikenal sebagai ikan siklid yang jinak.

Ikan ini sudah banyak dipelihara dalam akuarium dan sangat disukai karena servisnya gampang.

Neolamprologus brevis
Neolamprologus brevis

Siklid satu ini ukurannya kecil hanya sekitar 5 cm saja. Mereka bisa dipelihara bersama sama dengan siklid lain yang jinak pula. Jadi teman-teman bisa menggabungkan beberapa siklid jinak dengan si brevis ini. Ikan ini bisa dicampur dengan siklid penghuni bebatuan seperti Neolamprologus brichardi dan siklid penghuni perairan bebas seperti Cyprichromis.

Akuarium untuk memelihara si brevis sebaiknya diberi substrat pasir yang berwarna terang dan diberi cangkang siput, karena ikan ini termasuk siklid shelldweller atau biasa tinggal di cangkang siput.

Di habitat aslinya mereka akan mencari cangkang siput yang sudah kosong dan dijadikan rumah atau tempat berkembangbiak. Dengan diberi cangkang keong di akuarium mereka akan hidup dengan lebih baik karena menyerupai habitat aslinya.

Pasir yang digunakan sebagai substrat akiarium sebaiknya tebalnya sekitar 2 inchi, karena mereka suka menggali pasir untuk mengubur cangkang tempat tinggalnya.

Ikan ini dapat berkembangbiak dengan mudah di akuarium, yang penting ada cangkang keong di dalamnya.

Untuk membedakan jantan dan betina cukup mudah, karena ikan jantan ukurannya lebih besar daripada ikan betina pada umur yang sama. Dan bila sudah jodoh biasanya mereka akan sering berenang bersama-sama seperti pasangan yang mesra.

Neolamprologus brevis pair
Brevis jantan lebih besar daripada betina

Saat sudah siap kawin, betina akan berada di depan cangkang untuk menarik perhatian ikan jantan. Bila jantan tertarik, maka betina alan bertelur di dalam cangkang. Setelah itu si jantan akan menuju cangkang untuk membuahi telur tersebut.

Betina akan menjaga telur sampai menetas dan merawat anak anaknya sampai beberapa minggu.

Sekitar 2 sampai 3 hari setelah telur dibuahi, telur tersebut akan menetas. Namun anakan yang baru lahir biasanya masih menempel di sekitar cangkang dan belum banyak bergerak. 

Sekitar 3 hari setelah menetas, larva sudah mulai berenang namun masih di sekitar cangkang. Mereka akan memakan lumut-lumut dan hewan kecil yang ada disekitar cangkang.

Setelah beberapa minggu mereka akan mulai berani berenang agak jauh dari cangkang untuk mencari makanan di tempat lain. Bila dianggap sudah dapat mencari makan sendiri, induk akan mengusir anak anaknya agar dapat kawin lagi.

Di akuarium, brevis dapat diberi makan pelet apung, artemia, daphnia dan makanan lain yang ukurannya kecil. Pokoknya memelihara ikan ini tidak ribet.

Sebenarnya mereka lebih menyukai air yang pH nya basa sekitar 7.5 sampai 8.5, namun dipelihara dalam air biasa-pun mereka dapat hidup dengan baik kok.

Jadi tidak berlebihan bila si brevis ini disebut ikan siklid yang gampang di servis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Neolamprologus Brevis yang Gampang di Servis"

Post a Comment