Cara Membedakan Channa Auranti Jantan dan Betina

Channa auranti atau lengkapnya Channa aurantimaculata adalah jenis snakehead yang sangat populer karena memiliki body yang bagus. Ukuran tubuhnya lumayan besar dan warna tubuhnya kuning oranye indah dengan bar hitam dan kilau biru pada siripnya. 

Auranti berasal dari India, namun sekarang sudah banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Channa auranti sekarang sudah cukup umum dijumpai di penjual ikan hias karena sudah banyak yang berhasil membiakkan ikan ini.

Channa auranti jantan dan betina

Dalam artikel kali ini saya akan berbagi informasi sederhana untuk membedakan jenis kelamin channa auranti.

Ada 3 poin yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan auranti jantan dan betina.

  • Pola sirip dorsal
  • Panjang sirip dorsal
  • Ukuran kepala dibandingkan tubuh

Masing-masing penjelasannya adalah sebagai berkut.

Pola Sirip Dorsal

Sirip dorsal adalah sirip yang terletak di punggung Channa. Sirip ini memanjang dari punggung hingga hampir mencapai bagian ekor. Pada sirip dorsal ini terdapat pola-pola hitam dan kuning yang bentuknya mirip batik. Dengan memperhatikan pola batik ini kita bisa membedakan jenis kelamin auranti.

Perbedaan  channa auranti jantan dan betina
Sirip dorsal betina memiliki pola batik yang lebih luas daripada jantan.

Channa auranti jantan pola batiknya hanya sampai separuh sirip dorsal, sedangkan pada betina pola batiknya sampai ujung atas sirip dorsalnya. Jadi pola batik ini lebih luas pada betina daripada pada jantan. Ini adalah poin yang paling mudah untuk membedakan jenis kelamin auranti.

Panjang Sirip Dorsal

Sirip dorsal jantan cenderung lebih panjang daripada sirip dorsal betina. Ujung belakang sirip dorsal jantan biasanya menempel dengan sirip ekornya. Sedangkan ujung belakang sirip dorsal auranti betina biasanya tidak menempel dengan sirip ekornya.

membedakan jenis kelamin channa auranti
Terdapat gap antara sirip dorsal dan sirip ekor pada Channa auranti betina.

Namun perbedaan ini tidak mutlak karena pada channa betina yang "gondrong" kadang sirip dorsalnya juga menempel dengan sirip ekornya. Namun perbedaan ini bisa dijadikan pelengkap untuk semakin meyakinkan kita dalam membedakan jenis kelamin auranti.

Ukuran Kepala dibandingkan Tubuh

Channa auranti jantan cenderung memiliki tubuh yang ramping dengan kepala yang lebar. Jadi ketika dilihat dari atas bentuk kepalanya cenderung lebih lebar dari tubuhnya. Bentuk kepala dan tubuhnya dilihat dari atas mirip seperti anak panah.

Namun pada betina, tubuhnya cenderung lebih gemuk dari jantan karena menyimpan telur dan lebih banyak lemak. Jadi ketika dilihat dari atas kepala dan badannya memiliki lebar yang hampir sama atau tidak berbeda jauh.

Namun membedakan auranti dari ukuran tubuh dan bentuk kepala relatif sulit bagi pemula. Ukuran tubuh juga dipengaruhi oleh jumlah makanan yang diberikan. Bila auranti diberi makan terlalu banyak dan akhirnya menjadi kegemukan tentu akan sulit membedakan jenis kelamin dari postur tubuhnya.

Jadi dari 3 poin yang saya jelaskan di atas, cara yang paling mudah adalah poin satu, sedangkan cara yang paling sulit adalah poin tiga. Dengan memperhatikan poin-poin tersebut teman-teman sudah dapat membedakan jenis kelamin channa yang ingin dipelihara atau diternak.

Channa auranti umumnya bisa dibedakan jenis kelaminnya bila ukuran tubuhnya sudah 12 cm lebih. Bila ukurannya semakin besar akan semakin mudah untuk membedakan jantan dan betinanya.

Itu adalah informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membedakan Channa Auranti Jantan dan Betina"

Post a Comment