Melatih Blackghost Makan Pelet

Blackghost (Aptenopterus albifrons) adalah ikan hias karnivora yang banyak disukai karena memiliki bentuk yang unik. Tubuhnya mirip umbul-umbul dengan gaya berenang maju mundur yang unik beda dengan ikan-ikan lain. Karena termasuk jenis karnivora mereka lebih menyukai jenis-jenis pakan yang berasal dari hewan seperti cacing, ulat hongkong, kutu air, jentik nyamuk, dan hewan kecil lainnya.

Orang yang baru membeli ikan blackghost banyak yang tidak paham sifat ini, dan memberi makan blackghost dengan pelet apung. Karena ikan ini tidak suka pelet akibatnya mereka tidak mau makan pelet yang diberikan, dan akhirnya mati setelah beberapa hari. Ini terjadi karena sebagian blackghost yang dijual di pasaran belum dilatih makan pelet di peternakannya.

ikan blackghost dalam akuarium
Ikan blackghost dalam akuarium


Blackghost yang belum doyan pelet bisa kita beri makan cacing kering yang mudah diperoleh di toko akuarium. Cacing ini ukurannya kecil dan sudah dikeringkan dan disatukan membentuk kubus-kubus yang bisa diberikan pada blackghost. Kita bisa mencuil cacing kering ini menjadi bagian yang lebih kecil dan diberikan pada blackghost 2 kali sehari.

Blackghost bisa dilatih makan pelet dalam waktu yang cukup singkat. Syaratnya hanya perlu menggunakan pelet yang ukurannya kecil saja. Saran saya ketika melatih makan pelet adalah dengan menggunakan pelet cupang yang berukuran kecil.

Baca juga cara Merawat dan Memelihara Ikan Blackghost

Langkah-langkah melatih blackghost makan pelet adalah dengan memberi cacing kering yang sudah di potong-potong kecil dengan menambahkan pelet dalam jumlah sedikit. Blackghost akan memakan cacing tersebut dan sesekali memakan pelet yang ada di dekatnya. Pemberian pelet dalam jumlah sedikit ini untuk mengenalkan makanan baru yang mungkin belum pernah mereka rasakan.

pelet ukuran kecil
Pele ukuran kecil untuk melatih blackghost


Ulangi perlakuan tersebut pada hari berikutnya sampai blackghost nampak lahap memakan pelet. Bila ikan sudah terbiasa dan terlihat lahap, kita sudah bisa mulai memberi makan blackghost full dengan pelet apung. Pemberian pelet apung pun sebaiknya dua kali sehari dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Biasanya dalam waktu 1 minggu, ikan yang dilatih sudah mau makan full pelet apung.

Walaupun ikan sudah mau makan pelet, akan lebih baik kalau sesekali juga diberi makan cacing kering atau hewan lain agar lebih bervariasi. Pemberian makan yang bervariasi akan membuat blackghost lebih sehat dan tidak gampang stres. Akan lebih bagus lagi apabila sesekali, mungkin seminggu sekali diberi makanan segar seperti jentik nyamuk hidup, atau cacing darah hidup.

Blackghost yang sudah mau makan pelet tentu akan lebih mudah dirawat karena pelet lebih mudah diperoleh dibandingkan jenis pakan lainnya. Pelet tersedia di semua toko akuarium dan harganya juga murah. Namun kekurangan ikan yang diberi makan pelet adalah pertumbuhannya yang tidak terlalu cepat.

Blackghost yang diberi makan hewan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan yang diberi makan pelet. Ini terjadi karena kandungan protein pada hewan tentu lebih tinggi daripada pelet.

Itu adalah cara melatih ikan blackghost agar mau makan pelet, selamat mencoba.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Melatih Blackghost Makan Pelet"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete