Makanan Ikan Zebra Agar Tidak Gampang Mati

Ikan zebra atau zebrafish (Danio rerio) adalah ikan kecil dengan pola tubuh bergaris-garis mirip zebra. Ikan zebra liar berwarna kelabu dengan pola hitam memanjang di tubuhnya. Namun saat ini sudah banyak jenis-jenia ikan zebra yang berwarna lebih cerah hasil domestikasi. Ikan zebra dengan warna kuning, pink, biru, dan hijau dapat ditemukan di toko-toko akuarium.

ikan pink zebra
Ikan pink zebra


Ikan zebra berukuran kecil sekitar 3 cm yang lebih bagus bila dipelihara dalam kelompok. Ikan ini termasuk ikan jinak yang dapat dipelihara dengan jenis-jenis ikan lain.

Penyebab Ikan Zebra Gampang Mati

Masalah yang kadang muncul saat memelihara ikan zebra adalah ikan yang tiba-tiba mati tanpa sebab yang jelas. Padahal awalnya ikan sehat-sehat saja namun besoknya tiba-tiba sudah mati. Hal ini bisa terjadi karena pemberian makan yang kurang tepat.

Pemilik ikan biasanya memberi makan ikan di akuarium dengan pelet ukuran standar, yang paling umum digunakam di Indonesia adalah merk Takar* . Sebenarnya pelet ini sudah bagus untuk memberi makan ikan, namun sayangnya kurang tepat untuk memberi makan ikan zebra.

Ikan zebra memiliki mulut yang relatif kecil, ikan ini akan kesulitan ketika harus menelan pelet yang cukup besar. Oleh karena itu kadang mereka akan kalah makan dengan ikan lain yang mulutnya lebih besar. Misalnya ketika ikan zebra dipelihara bersama ikan sepat hias, tentu saja ikan sepat akan memakan hampir semua pelet karena mereka punya mulut yang lebih lebar.

Karena kesulitan makan inilah yang menyebabkan ikan zebra dan ikan-ikan kecil lainnya kadang gampang mati di akuarium.

Makanan yang Tepat untuk Ikan Zebra

Makanan yang baik untuk ikan zebra adalah pelet yang ukurannya kecil atau kutu air. Untuk kutu air tentu sulit diperoleh terutama di daerah kota yang jarang sungai bersih. Jadi pelet yang ukurannya kecil adalah solusi yang dapat dipakai.

Pelet yang berukuran kecil ini bisa dibeli di toko akuarium dan biasanya digunakan untuk memberi makan ikan cupang. Jadi ketika membeli kita bisa langsung bilang pelet untuk cupang.

pelet berukuran sangat kecil
Pelet yang bagus untuk ikan zebra berukuran sangat kecil


Pelet ini ukurannya sangat kecil sehingga mudah dimakan oleh ikan zebra. Mereka dapat dengan mudah menelan pelet itu sehingga zebra tidak kalah makan dengan ikan lain. Ikan zebra yang belum dewasa-pun dapat menelan pelet ini dengan mudah karena memang ukurannya kecil.

Ikan zebra termasuk ikan yang lincah dan rakus, mereka akan terus makan sampai perutnya menggelembung besar. Saran saya ketika memberi makan jangan terlalu banyak karena tidak baik untuk ikan.

Ikan yang kebanyakan makan akan cepat mati dibandingkan dengan ikan yang makan dengan cukup porsinya. Apalagi bila diberi makan pelet, karena pelet akan mengembang di dalam perut ikan yang sangat bahaya bila dimakan terlalu banyak.

Jadi ketika memberi makan ikan zebra sebaiknya gunakan porsi yang secukupnya saja. Menurut penelitian para ahli, ikan zebra dewasa dapat diberi makan 2 kali sehari dengan jumlah total 5 persen dari berat tubuhnya. Pemberian makan ini sudah cukup untuk pertumbuhannya.

Namun bila dipersiapkan untuk kawin, pemberian pakan bisa diberikan 3 kali sehari dan akan lebih baik bila ditambah dengan kutu air bila ada.

Jadi kesimpulannya adalah, ikan zebra akan hidup dengan baik bila diberi makan pelet yang ukurannya kecil dan diberi makan secukupnya saja.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " Makanan Ikan Zebra Agar Tidak Gampang Mati"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete