Merawat dan Memelihara Ikan Blackghost

Blackghost atau kadang disebut blackghost knifefish adalah ikan air tawar dengan bentuk tubuh unik mirip umbul-umbul. Tubuhnya hitam seluruhnya kecuali pada bagian ekor dan kepala yang bergaris putih. Merawat ikan blackghost itu gampang-gampang susah karena ikan ini butuh sedikit perawatan ekstra.

Berikut ini saya akan berbagi tips cara memelihara ikan blackghost yang pernah saya praktekkan sendiri.

blackghost knifefish
Ikan blackghost knifefish (Apteronotus albifrons)

Tankmate ikan blackghost

Ikan ini punya sifat semi agresif, dia cukup ganas terhadap jenisnya sendiri namun jinak terhadap jenis ikan lain yang ukuran tubuhnya sama. Jadi blackghost bisa dipelihara bersama-sama dengan jenis ikan lain.

Ikan-ikan yang saya sarankan untuk dipelihara bersama blackghost adalah manfish, discus, silver dolar, corydoras, catfish, dan ikan-ikan jinak berukuran cukup besar lain.

Sebaiknya jangan mencampur blackghost dengan ikan-ikan kecil seperti guppy atau tetra, karena bisa saja ikan-ikan ini dimakan blackghost di malam hari terutama oleh blackghost yang berukuran besar.

Makanan blackghost

Ikan ini adalah karnivora atau pemakan daging. Jadi ketika dipelihara dalam akuarium mereka biasanya tidak suka makan pelet apung.

Saya sarankan memberi makan blackghost dengan cacing darah, cacing sutra, ulat hongkong, atau cacing kering yang mudah diperoleh. Agar ikan blackghost yang dipelihara selalu sehat sebaiknya diberi makan yang bervariasi, tidak hanya satu jenis makanan saja.

Bila sudah lama dipelihara, ikan ini bisa dilatih makan pelet namun butuh latihan yang panjang. Blackghost juga bisa dilatih untuk memakan makanan langsung dari tangan si pemiliknya.

Desain akuarium blackghost

Blackghost di alam hidup di sungai Amazon yang di dalamnya banyak tanaman air, batu, dan kayu mati untuk bersembunyi. Jadi sebaiknya akuarium blackghost juga diberi ornamen berupa tanaman air, batu, atau kayu untuk tempat berlindung.

Ikan ini memiliki sifat agak ganas terhadap jenisnya sendiri, jadi ketika dipelihara lebih dari 1 ekor akan sering nampak perkelahian antar blackghost. Adanya ornamen akuarium akan menjadi tempat sembunyi bagi blackghost yang kalah berkelahi.

Sebaiknya blackhost dipelihara dalam akuarium besar karena ikan ini dapat tumbuh hingga ukuran 20 inchi dan hidup hingga 20 tahun. Bila akuarium kecil, pertumbuhannya akan terhambat dan membuat ikan blackghost sering berkelahi dengan sesamanya.

Akuarium sebaiknya menggunakan filter yang baik dan arus yang tidak terlalu deras. Jadi penggunaan head pump dengan kekuatan sedang lebih saya sarankan agar arus yang muncul sedang-sedang saja. Karena ikan ini tidak suka dengan arus yang deras.

Penyakit yang sering menyerang

Ikan ini tidak memiliki sisik seperti ikan lain, jadi cukup rentan terkena penyakit. Penyakit yang sering menyerang blackghost adalah white spot disease atau penyakit bintik putih.

Bila telah banyak bintik putih muncul di tubuh akan membuat blackghost malas bergerak, malas makan dan akhirnya mati. Untuk mengobati penyakit ini sangat mudah, cukup dengan memberikan antibiotik saja maka bintik putih akan hilang.

Antibiotik yang dapat digunakan contohnya methylene blue, PK, tetrasiklin, amoksilin dll. Penggunaan antibiotik akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan garam ikan.

Sifat ikan blackghost

Blackghost adalah ikan nokturnal atau aktif di malam hari. Mereka nampak lebih aktif ketika lampu akuarium dimatikan atau ketika malam tiba. Ketika siang mereka kadang lebih sering nampak berdiam diri di satu tempat atau bersembunyi di sekitar batu dan tanaman.

Ikan ini menggunakan aliran listrik untuk penunjuk jalan dan mencari mangsa. Matanya tidak begitu berfungsi dan pandangannya hanya buram saja.

Jenis kelamin blackghost sulit dibedakan dari ciri-ciri fisik karena antara jantan dan betina nampak sama. Jenis kelaminnya dapat dibedakan dari aliran listrik yang dipancarkan dari tubuhnya, ternyata si betina memancarkan listrik dengan tegangan yang lebih besar daripada jantan.

Nah, itu adalah beberapa informasi tentang bagaimana merawat dan memelihara ikan blackghost semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Merawat dan Memelihara Ikan Blackghost"

Post a Comment