Mencerahkan Warna Ikan Channa

Dalam sebuah channel youtube saya pernah menonton seekor ikan Chana maruloides (Yellow Sentarum) memiliki warna kuning yang sangat indah. Seorang youtuber merasa terpesona dengan keindahan ikan itu dan menawarkan dua ekor ikan arwana super red untuk ditukar dengan ikan channa tersebut, namun tawaran itu ditolak sang empunya channa.

Dari cerita itu kita bisa balajar bahwa ternyata ikan channa yang memiliki warna bagus bisa dihargai sangat mahal. Padahal di daerah asalnya di kalimantan, ikan channa atau gabus ini hanya dibuat menjadi ikan asin.

Channa maruloides
Channa maru kualitas kontes, memiliki warna yang cerah.

Warna channa adalah faktor penentu dari harga ikan itu di pasaran. Walaupun jenis yellow sentarum umumnya dijual dengan harga murah namun yang memiliki warna fantastis tentu harganya tidak main-main. Oleh karena itu banyak orang yang berusaha membangkitkan warna channa peliharaannya dengan berbagai cara.

Di sini saya akan sedikit berbagi informasi tentang the origin of colour atau sumber dari warna channa dan bagaimana kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan warna. 

Faktor yang mempengaruhi warna channa

Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi warna ikan channa, yang pertama adalah gen, kedua makanan, dan ketiga cahaya. Ketiga faktor itu saling mempengaruhi satu sama lain dan tidak bisa berdiri sendiri. Gen yang bagus tidak akan memunculkan warna yang bagus bila tidak didukung makanan dan cahaya yang baik. Demikian pula sebaliknya makanan dan cahaya yang baik tidak akan menghasilkan warna yang maksimal bila tidak memiliki gen yang bagus.

Gen adalah faktor sifat yang dibawa ikan dari kedua induknya. Gen terletak di dalam sel dan merupakan sifat bawaan yang akan mempengaruhi ciri-ciri fisik makhluk hidup. Induk channa yang memiliki warna bagus tentu besar kemungkinan akan menghasilkan anak dengan gen yang bagus pula.

Makanan dan cahaya adalah faktor tambahan yang akan memaksimalkan kemunculan warna. Makanan yang bagus akan memaksimalkan munculnya sifat bagus yang tersimpan di dalam gen ikan. Demikian pula cahaya bagus akan memaksimalkan pembentukan warna pada sisiknya.

Dengan mengkombinasikan faktor gen, makanan, dan cahaya kita bisa menghasilkan ikan channa yang berwarna terang, cerah, dan tegas. 

Cara mencerahkan warna channa

Mimpi memiliki channa yang berwarna indah harus diawali dengan membeli channa dari induk yang bagus pula. Kita bisa memilih channa yang berasal dari peternakan yang baik, yang induknya terbukti memiliki warna yang bagus (kalau memungkinkan).

Setelah kita memperoleh channa dengan gen yang bagus, kita harus mulai memberinya makan yang bagus pula. Makanan yang bagus untuk pembentukan warna adalah hewan-hewan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi seperti udang. Vitamin A di dalam tubuh ikan akan disimpan di lapisan lemak di bawah sisiknya. Semakin banyak vitamin A yang disimpan akan membuat warna ikan semakin cerah. Semakin sering channa diberi makan udang akan semakin banyak vitamin A disimpan di bawah sisik dan semakin cerah pula warna ikan.

Namun sebaiknya channa juga diselingi dengan makanan yang lain agar bervariasi. Pemberian makanan selingan berupa ikan kecil, daging ikan, dan hewan-hewan kecil lainnya sangat bagus untuk keseimbangan gizi channa.

Setelah channa diberi makanan yang bagus, berikutnya adalah memasang lampu yang bagus di akuarium. Cahaya lampu yang bagus akan memaksimalkan proses pembentukan warna ikan. Kromatofor atau sel-sel pembentuk warna di tubuh ikan, sangat sensitif terhadap cahaya yang diterima. Bila sel-sel ini menerima cukup cahaya maka pembentukan warna akan maksimal, namun bila sel ini menerima sedikit cahaya maka warna ikan akan kusam.

Oleh karena itu sebaiknya kita memilih lampu yang bagus untuk dipasang dalam akuarium. Lampu yang bagus adalah lampu yang cahayanya merata di semua bagian akuarium dan tidak redup. Lampu yang paling baik adalah lampu dengan cahaya putih, karena cahaya putih memiliki spektrum gelombang cahaya yang paling lengkap.

Dengan kombinasi gen, makanan, dan cahaya yang bagus akan semakin meningkatkan kemungkinan kita menghasilkan channa yang berwarna fantastis. Namun semua itu harus dilakukan dengan proses yang cukup lama bisa memakan waktu beberapa bulan baru warna yang bagus terbentuk.

Semoga bermanfaat...

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mencerahkan Warna Ikan Channa"

  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    ReplyDelete