Lemon Siklid yang Mudah Berkembangbiak

Lemon siklid adalah jenis ikan siklid paling umum dijumpai di akuarium. Ikan ini bagus, bandel, dan mudah dipelihara, membuat orang suka menambahkan ikan ini dalam akuariumnya. Tubuhnya memanjang berwarna kuning seluruhnya kecuali pada bagian perut yang agak putih. Kadang di siripnya ada garis hitam dan sedikit mutiara di sekitar penutup insang.

Lemon siklid
Lemon siklid

  • Nama lokal : Lemon siklid
  • Nama inggris : Electric yellow cichlid
  • Nama ilmiah : Labidochromis caeruleus 
  • Perawatan : Sangat mudah
  • Budidaya : Sangat mudah
  • Daya tanan : Sangat kuat
  • Sifat : Sedikit agresif

Salah satu hal menarik yang kerap saya jumpai di akuarium saya adalah: lemon siklid yang berkembangbiak dalam akuarium.

Lemon siklid termasuk ikan yang sangat mudah berkembangbiak dalam akuarium. Kalau dalam akuarium ada jantan dan betina yang sudah dewasa, sebentar saja mereka akan kawin dan menghasilkan anak. Biasanya setelah kawin betina akan bertelur sebanyak 10 hingga 20 butir tergantung ukuran.

Prosesi kawin ikan lemon siklid

Prosesi kawin diawali dengan pasangan yang saling berdekatan dan saling mencumbu. Si jantan akan nampak lebih agresif mendekati betina. 

Kemudian jantan akan membersihkan pasir atau batuan di dasar akuarium untuk menyiapkan tempat bagi betina bertelur. Jantan akan memindahkan pasir sedikit demi sedikit hingga nampak dasar akuarium yang bersih.

Setelah itu betina akan bertelur di dasar yang sudah bersih tadi. Kadang mereka juga akan bertelur di atas permukaan batu yang bentuknya datar. Telurnya berwarna putih kekuningan yang ukurannya sedikit lebih besar dari telur maskoki.

Setelah telur dikeluarkan, betina akan memasukkan telur tersebut ke dalam rongga mulutnya untuk dijaga. Kemudian jantan akan memasukkan spermanya ke dalam rongga mulut betina agar terjadi pembuahan.

Betina sedang menjaga telur
Lemon siklid betina sedang menjaga telur di mulutnya

Telur akan berkembang di dalam rongga mulut betina selama sekitar 3 minggu. Dalam beberapa hari larva kecil sudah terbentuk namun masih memiliki kuning telur yang sangat besar. Sedikit demi sedikit kuning telur tersebut dihisap oleh larva yang semakin lama semakin besar.

Setelah semua kuning telur dihisap oleh larva dan perkembangan tubuhnya sudah sempurna, larva akan keluar atau dikeluarkan dari mulut betina.

Perkembangan telur lemon siklid
Perkembangan telur dan larva lemon siklid

Betina akan menjaga telur di dalam mulutnya agar tidak dimakan oleh ikan lain. Selain itu Betina juga akan memastikan telur mendapat pasokan oksigen yang cukup agar dapat herkembang dengan baik.

Lemon siklid betina adalah induk yang hebat, dia akan berpuasa, tidak makan sama sekali selama menjaga telurnya. Jadi dia tidak akan makan selama sekitar 3 minggu sampai anak-anaknya keluar dari mulutnya.

Kadang saya sangat kasihan dengan betina yang sedang menjaga telur karena terlihat sangat kurus akibat tidak makan dalam waktu lama. Terlebih lagi, si jantan yang sudah mengawininya kadang malah terlihat membuli ikan betina itu. Si jantan akan mengusir betina bila terlalu dekat dengannya.

Membedakan lemon siklid jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin lemon siklid dewasa lumayan mudah dilakukan dengan memperhatikan ciri-ciri fisiknya.

Lemon siklid jantan dan betina
Kiri : Lemon siklid jantan, Kanan : Lemon siklid betina

Lemon siklid jantan

  • Memiliki garis hitam di sirip punggung dan atau sirip anal (sirip bawah di dekat ekor).
  • Sirip anal ujungnya lancip atau runcing.
  • Warnanya lebih cerah dibandingkan betina.
  • Ukurannya cenderung lebih besar dari betina pada usia yang sama.

Lemon siklid betina

  • Tidak memiliki (hanya sedikit) garis hitam pada sirip punggung dan sirip anal.
  • Sirip analnya memiliki ujung yang tumpul atau membulat.
  • Warnanya sedikit kurang cerah dibandingkan jantan.
  • Ukurannya cenderung lebih kecil dari jantan pada usia yang sama.

Lemon siklid dapat mulai kawin setelah berumur 6 bulan dengan ukuran sekitar 5 cm. Ukuran maksimal ikan ini adalah 10 cm, tapi rata-rata hanya mencapai 8.5 cm saja. Mereka termasuk jenis siklid yang bertubuh kecil.

Perawatan Larva

Larva yang baru menetas ukurannya kecil namun pertumbuhannya sangat cepat bila diberi makanan yang baik. Makanan terbaik untuk larva adalah makanan segar seperti daphnia dan artemia.

Daphnia
Daphnia sangat bagus untuk pertumbuhan larva ikan lemon siklid

Makanan segar memiliki kandungan protein tinggi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak lemon siklid. Setelah cukup berumur anakan ini bisa dilatih untuk makan pelet apung seperti induknya. Namun sebaiknya pilih pelet yang ukurannya sangat kecil dulu agar mereka tidak kesulitan melahap makanannya.

Bila dirawat dengan baik, lemon siklid di akuarium akan berkembangbiak secara teratur dan koleksi ikan kita akan terus bertambah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Lemon Siklid yang Mudah Berkembangbiak"

Post a Comment