Akuarium ditumbuhi alga rambut hijau, maka alga eater yang kamu beli adalah?

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan survey kecil-kecilan di postingan youtube tentang hewan yang akan memakan lumut atau alga rambut hijau di akuarium. Pertanyaan survey dan pilihannya adalah sebagai berikut.

survey alga eater


Akuarium kamu ditumbuhi alga rambut hijau yang sangat banyak, maka alga eater yang akan kamu beli adalah...

1. Keong tanduk

2. Borneo sucker

3. Lemon alga eater

4. Udang amano

Hasil survey menunjukkan 28% responden memilih keong tanduk, 11% memilih borneo sucker, 49% memilih lemon alga eater, dan 12% memilih udang amano.

Alga rambut hijau adalah jenis alga yang bentuknya seperti rambut halus berwarna hijau yang suka tumbuh di batuan, permukaan daun, atau peralatan akuarium. Biasanya alga ini tumbuh di akuarium aquascape karena kondisi air yang kotor, kurang CO2, atau karena cahaya yang terlalu terang.

Dari survey yang saya lakukan hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas pengisi survey akan membeli lemon alga eater untuk mengatasi alga rambut hijau. 49% responden menyatakan bahwa lemon alga eater adalah pilihan paling tepat untuk membersihkan alga rambut di akuarium.

Pembahasan saya

Saya sendiri kurang setuju dengan hasil survey tersebut. Kenapa demikian? Saya sejak kecil sudah pelihara ikan dan sudah bertahun-tahun bermain aquascape. Sudah banyak masalah aquascape yang saya hadapi, mulai dari alga hijau, alga hitam, alga coklat dan lain-lain. Saya sudah pernah pelihara lemon alga eater, keong tanduk, borneo sucker, dan udang juga.

Berdasarkan pengalaman saya, justru yang paling efektif untuk membersihkan alga rambut adalah keong tanduk. Hewan bercangkang ini punya ciri khas adanya tanduk kecil di cangkangnya. Dia bergerak dengan sangat lambat namun rakus saat memakan alga rambut.

Keong tanduk akan memakan alga rambut dan kerak alga yang bertekstur halus. Dia saya amati tidak akan memakan alga kasar seperti cladophora dan alga hitam atau black beard alga.

keong tanduk
Keong tanduk

Borneo sucker menempati hasil paling bawah untuk hasil survey saya, sebesar 11%. Memang berdasarkan pengalaman saya dia kurang efektif memakan alga rambut. Dia memang memakan alga rambut tapi tidak begitu efisien, tidak sampai bersih. Borneo sucker lebih efektif untuk membersihkan kerak alga atau diatom yang tumbuh di kaca akuarium. 

Bila kaca akuarium kotor dan berwarna coklat karena ditumbuhi diatom akan sangat tepat bila kita membeli borneo sucker untuk membersihkannya. Borneo sucker juga akan membersihkan kerak alga yang tumbuh di daun dan peralatan akuarium lainnya. Karena ukurannya yang kecil dia bisa dipelihara dalam akuarium ukuran kecil juga.

Udang amano juga rajin memakan alga rambut cuma dia tidak serakus keong tanduk. Dia juga tidak akan memakan alga kasar seperti cladophora. Salah satu keunggulan udang amano adalah dia bisa berkembangbiak dengan cepat di akuarium jadi kita bisa beternak udang di akuarium.

Lemon alga eater punya sifat yang hampir sama dengan borneo sucker. Dia lebih efektif untuk membersihkan kaca yang kotor daripada membersihkan alga rambut. Dan lagi dia bisa tumbuh cukup besar sekitar 30 cm, jadi tidak cocok dipelihara dalam akuarium yang ukurannya kecil.

Jadi kesimpulannnya adalah walaupun hasil survey banyak yang menganggap lemon alga eater paling bagus untuk membersihkan alga rambut, tapi menurut saya yang lebih efektif adalah keong tanduk.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Akuarium ditumbuhi alga rambut hijau, maka alga eater yang kamu beli adalah?"

Post a Comment