11 Fakta Menarik Ikan Blackghost

Blackghost (Apteronotus albifrons) adalah ikan akuarium dengan tubuh yang indah mirip umbul-umbul. Ikan ini bukan berasal dari Indonesia, mereka berasal dari sungai Amazon. Sekarang blackghost adalah ikan umum yang hampir selalu ada di setiap toko akuarium sekitar kita.

Blackghost warnanya hitam seluruh badan kecuali garis putih di atas kepala dan penghujung ekornya. Siripnya nampak seperti gerakan umbul-umbul saat sedang berenang.

Ikan blackghost
Ikan blackghost

Ikan ini penuh dengan fakta-fakta menarik untuk disimak dan diketahui. Berikut ini adalah 11 fakta unik dari ikan blackghost.

1. Penjelmaan arwah orang yang sudah meninggal

Di daerah asalnya kadang blackghost disebut dengan nama "Pira Fantasma" yang artinya ikan hantu. Disebut seperti itu karena suku lokal percaya bahwa arwah orang yang sudah meninggal akan bersemayam dalam tubuh ikan blackghost. Terlebih ikan ini suka beraktifitas di malam hari saat gelap sehingga memperkuat kesan sebagai ikan hantu.

2. Ikan yang aktif di malam hari

Saat kita baru memelihara blackghost dalam akuarium, kadang kita kecewa karena ikan ini suka sembunyi dan jarang bergerak ketika lampu akuarium menyala tapi akan bergerak aktif saat lampu akuarium dimatikan. Itu memang sifat alami blackghost yang lebih aktif di malam hari atau saat gelap. Dia termasuk ikan nokturnal yang lebih suka sembunyi saat terang di siang hari dan banyak bergerak saat gelap di malam hari. 

3. Penghuni kegelapan sungai

Di habitat aslinya, ikan blackghost suka tinggal di sungai-sungai yang dalam dan gelap. Mereka umumnya ditemukan di kedalaman 5 sampai 15 meter di dasar sungai. Mereka suka sungai yang dalam karena menghindar dari cahaya matahari di permukaan air.

4. Bisa mengeluarkan listrik

Seperti belut listrik, ikan blackghost menggunakan tegangan listrik untuk menangkap mangsa dan mendeteksi lokasi sekitarnya. Namun tegangan yang dikeluarkannya sangat rendah dan hampir tidak bisa dirasakan manusia. Namun tegangan ini bisa dirasakan ikan blackghost lain, dan mereka saling mengenal dengan tegangan listrik ini.

Marble blackghost
Blackghost yang tidak hitam sangat langka dan mahal

5. Matanya hampir buta

Karena aktif di malam hari dan menggunakan tegangan listrik sebagai petunjuk jalan, maka mata blackghost jadi kurang berfungsi. Mata blackghost kurang bisa melihat sekitarnya, mereka cenderung digunakan untuk membedakan kondisi gelap dan terang saja. Mata blackghost nampak hitam seluruhnya hanya dengan sedikit noktah putih.

6. Dapat berukuran jumbo

Blackghost yang dijual di akuarium umumnya berukuran sekitar 5 cm. Tapi kalau dipelihara dengan baik mereka bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 30 cm lebih. Jadi dia termasuk ikan yang berukuran besar. Namun untuk bisa tumbuh hingga ukuran itu dibutuhkan waktu beberapa tahun.

7. Ikan ganas bukan ikan jinak

Banyak yang salah kaprah dan mengira blackghost adalah ikan jinak. Padahal ikan ini adalah karnivora pemakan daging. Ketika dipelihara bersama ikan-ikan kecil dalam akuarium yang tidak terlalu luas, blackghost bisa menyerang dan memakan ikan kecil itu. Jadi ketika memelihara si ikan hantu sebaiknya bersama-sama dengan ikan lain yang ukurannya hampir sama namun sifatnya jinak. Contoh ikan yang bisa dipelihara bersama blackghost adalah sinodontis, pleco, kaviat, redfin, dan manfish.

8. Kadang sulit makan pelet

Kita biasanya memberikan pelet apung sebagai makanan utama bagi ikan peliharaan dalam akuarium. Tapi blackghost yang baru dibeli kadang tidak mau makan pelet karena belum terbiasa. Di peternaknya mereka biasanya diberi makan cacing darah atau cacing sutra jadi ketika dijual mereka kadang belum bisa makan pelet. Untuk mengatasinya kita bisa memberi makan cacing kering sambil dilatih perlahan untuk makan pelet. Lama-kelamaan nanti blackghost yang kita pelihara akan mau makan pelet apung.

9. Ikan yang suka sembunyi

Ikan ini suka sembunyi ketika siang hari atau ketika kondisi terang. Jadi kalau kita mau pelihara blackghost sebaiknya diberi media bersembunyi agar blackghost itu tidak stress. Tempat sembunyi yang bisa diberikan berupa batu berlubang, tanaman air, pipa paralon dan lain sebagainya.

Blackghost jantan
Blackghost jantan punya moncong agak panjang dengan kepala mirip kuda

10. Mudah dibedakan jenis kelaminnya

Banyak yang bilang kalau blackghost jantan dan betina sulit dibedakan, tapi itu adalah pendapat yang salah. Mereka memang tampak sama saat masih kecil, tapi kalau sudah dewasa mereka cukup mudah dibedakan jenis kelaminnya. Betina akan memiliki moncong yang pendek dan kepala membulat, sedangkan jantan memiliki moncong agak panjang dengan kepala mirip kuda.

11. Ikan yang mudah dipelihara

Kalau kita rajin mengganti air, memberi makan yang bervariasi, dan akuarium tidak terlalu sempit maka ikan blackghost akan hidup dengan baik dan tidak gampang mati. Kesalahan yang umum dilakukan pemula yang membuat blackghost mati adalah pemberian makan yang tidak tepat. Ketika blackghost tidak mau makan pelet maka harus segera dicarikan makanan hewani seperti cacing kering atau cacing segar. Kalau ikan tidak makan pelet tapi dibiarkan saja dan tidak mencari solusi maka ikan akan stress dan segera mati.

Itu adalah 11 fakta menarik ikan blackghost. Saya di rumah memelihara sepasang blackghost yang ukurannya sekitar 25 cm. Sudah saya beli cukup lama, sekitar 2 tahun yang lalu. Saya memberi makan blackghost di rumah dengan pelet, sesekali saya beri cacing kering, dan kadang saya beri udang mini yang saya ternak sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Fakta Menarik Ikan Blackghost"

Post a Comment