12 Ikan Hias Pemakan Lumut

Halo teman-teman kali ini saya akan menuliskan ikan-ikan hias pemakan lumut atau alga. Namun dalam tulisan kali ini saya tidak menjelaskan panjang lebar tentang ikannya satu-persatu, hanya saya jelaskan singkat-singkat saja. Intinya adalah ikan-ikan di bawah ini dapat digunakan sebagai pembersih lumut di akuarium aquascape.

Siamese Algae Eater (SAE)

Merupakan ikan pemakan lumut yang baik dan termasuk ikan yang paling disukai sebagai tukang bersih-bersih akuarium. Ikan ini terbukti mau memakan hair algae dan black beard alga.

SAE
Siamese Algae Eater

Flying Fox Algae Eater

Memiliki bentuk tubuh dan warna yang mirip ikan SAE. Ikan ini juga dapat membersihkan hair algae dan black beard algae.

Flying Fox Algae Eater
Flying Fox Algae Eater

Chinese Algae Eater (CAE)

Sering disebut juga dengan nama Lemon Algae Eater. Ikan ini dapat berukuran besar dan ketika dewasa berubah warna menjadi kuning lemon. Ikan ini dapat membersihkan alga yang menempel di kaca akuarium dan hair algae.

Lemon algae eater
Chinese Algae Eater

Garra Rufa

Ikan ini sering diprlihara sebagai ikan terapi yang akan membersihkan kaki dari sel-sel kulit mati. Namun ketika dipelihara dalam aquascape ikan ini akan memakan lumut dengan cukup rakus. Sayangnya agak sulit untuk mendapatkannya kecuali di toko-toko online.

Ikan dokter
Garra rufa

Otocinclus

Ini adalah jenis catfish kecil mungil yang jago membersihkan hair alga di batu dan daun-daun aquascape. Ikan ini bisa dipelihara di akuarium nano karena ukuran tubuhnya yang kecil.

otocinclus catfish
Otocinclus

Lizard Pleco

Ini adalah jenis ikan sapu-sapu tapi ukurannya kecil dan bentuk tubuhnya menarik. Kalau sapu-sapu biasa tidak saya rekomendasikan karena justru dapat merusak tanaman. Tapi kalau lizard pleco ini aman dipelihara dalam akuarium tanaman dan dapat membersihkan hair algae.

Lizard pleco
Lizard pleco

Guppy

Ikan ini memiliki sirip lebar yang sangat indah dengan warna yang beragam pula. Ikan ini sering dijadikan ikan kontes karena keindahannya. Selain indah guppy juga dapat memakan lumut di akuarium kita.

guppy
Guppy

Platy

Platy juga termasuk ikan yang rakus dalam memakan lumut terutama jenis hair algae. Ikan platy akan memakan lumut lebih banyak dibandingkan ikan guppy.

Platy
Platy

Molly

Ikan ini lebih rakus dalam memakan lumut daripada guppy dan platy. Molly memiliki postur tubuh yang lebih besar dari guppy dan platy.

Ikan molly
Molly

Corydoras

Banyak orang merekomendasikan corydoras. Namun kalau saya pribadi kurang menyukai ikan ini karena dia lebih suka memakan sisa-sisa pakan yang jatuh daripada memakan lumut.

corydoras
Corydoras

American Flag Fish

Sering disebut juga dengan Florida Flag Fish. Ikan ini termasuk yang paling hebat karena bisa memakan hair alga, black beard algae, dan juga staghorn algae. Ikan ini satu-satunya yang saya tahu akan memakan staghorn algae yang terkenal susah dibasmi. Namun sayangnya untuk mendapatkan ikan ini cukup sulit.

American flag fish
American Flag Fish

Nilem Mangut

Di jawa sering juga disebut dengan ikan melem. Ikan ini banyak di sungai-sungai yang masih jernih airnya. Ikan ini bisa dijadikan alternatif pembersih lumut di akuarium yang ukurannya besar atau di kolam ikan koi.

nilem mangut
Nilem Mangut

Itu adalah jenis-jenis ikan yang terbukti dapat memakan lumut di akuarium kita. Selain ikan-ikan di atas kita juga dapat mengandalkan udang amano, cherry shrimp, keong tanduk, atau keong turbo untuk membersihkan akuarium dari lumut.

Semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "12 Ikan Hias Pemakan Lumut"

Post a Comment