Mengatasi Arwana Peliharaan Tidak Mau Makan

Memandang ikan peliharaan makan dengan lahap adalah kenikmatan tersendiri bagi pecinta arwana. Namun kadang-kadang ada saja kejadian dimana arwana tiba-tiba malas makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali.

Arwana

Arwana adalah ikan predator yang ukurannya cukup besar. Ikan ini akan memakan hewan-hewan kecil gang diberikan kepadanya. Arwana yang masih kecil biasanya diberi makan ulat hongkong, jangkrik, atau anak katak. Sedangkan yang sudah besar bisa diberi makan ikan mas, jangkrik, katak, atau kelabang.

Pemberian makan yang tepat akan membuat arwana sehat, lincah, dan sisiknya mengkilap. Memberi makan arwana adalah waktu paling dinantikan karena sangat asik menyaksikan ikan ini melahap mangsanya. Tapi saking asiknya memberi makan kadang kita bisa lupa diri dan memberi makan arwana terlalu banyak hingga ikan kekenyangan. Alhasil setelah ikan kekenyangan yang terjadi adalah ikan puasa tidak mau makan selama beberapa hari. 

Ini adalah hal umum yang terjadi pada ikan arwana. Ikan naga ini memang akan puasa selama 2 sampai 3 hari bila sudah diberi makan sampai kekenyangan.

Jadi bila teman-teman pelihara arwana apapun jenisnya, sebaiknya jangan terlalu banyak ketika memberi makan. Berilah arwana makan dua kali sehari tapi jangan sampai kenyang. Cukup 50% sampai 70% kapasitas perutnya saja. Dengan memberi makan tidak sampai kenyang, arwana akan selalu rakus ketika kita memberinya makan sewaktu-waktu.

Tapi bila sudah terlanjur memberi makan terlalu banyak dan arwana jadi puasa, apa yang sebaiknya dilakukan?

Kalau hal itu sudah terjadi yang baik dilakukan adalah mempuasakan arwana selama 2 sampai 3 hari. Tidak diberi makan sama sekali 2 sampai 3 hari. Dengan dipuasakan ini arwana akan merasa sangat lapar dan akhirnya mau menyantap mangsanya lagi.

Tidak usah kuatir arwana mati kalau tidak diberi makan 3 hari, ikan ini lumayan kuat dalan hal tidak makan. Bahkan tidak diberi makan 2 minggu saja ikan ini masih akan tahan.

Jadi pemberian makan sebaiknya diatur dengan baik dan secukupbya saja, jangan sampai terlalu kenyang agar ikan arwana kesayangan tidak jadi puasa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Arwana Peliharaan Tidak Mau Makan"

Post a Comment