Cara Mengobati Ikan Sakit Menggunakan Methylene Blue

Methylene blue adalah obat yang sangat umum digunakan untuk mengobati ikan yang terinfeksi jamur, bakteri, atau protozoa. Obat ini punya sifat antibiotik yaitu dapat mematikan organisme mikro penyebab penyakit.

Namun begitu penggunaan obat biru ini harus hati-hati karena kalau sampai salah justru dapat membahayakan ikan. Beberapa kali pernah kejadian ikan saya mati karena terlalu banyak menggunakan methylene blue. Jadi harus benar-benar diperhatikan kadarnya jangan kebanyakan.

obat biru
Methylene blue membuat air menjadi biru sehingga sering disebut juga obat biru.

Methylene blue dijual di toko akuarium dengan berbagai merk dagang. Ada yang namanya Raid all, Blitz icht, Icht stop, Blue ocean dan lain-lain. Semua itu terbuat dari bahan aktif yang sama yaitu methylene blue.

Merk dagang yang berbeda mengandung kadar methylene blue yang berbeda pula. Jadi penggunaan di akuarium juga berbeda. Oleh karena itu sebelum menggunakan kita sebaiknya membaca label di wadahnya dulu, berapa kadar yang harus diberikan untuk pengobatan. Apakah satu tetes untuk satu liter, 5 tetes untuk 1 liter atau aturan yeng berbeda lainnya. Jadi penggunaan methylene blue yang sesuai aturan sangat penting agar ikan sehat.

Cara mengobati ikan sakit dengan methylene blue adalah sebagai berikut.

  • Ukur volume air dulu sebelum memberikan methylene blue (10 cm panjang x 10 cm lebar x 10 cm tinggi = 1 liter). Jadi teman-teman bisa mengukur volume seluruh akuarium dengan mengukur panjang lebar dan tinggi air terlebih dahulu.
  • Masukkan methylene blue sesuai kadar yang terdapat pada wadah.
  • Tunggu selama 3 hari, apakah ikan sudah sembuh atau belum.
  • Setelah 3 hari bila ikan belum sembuh ganti air setengah bagian dan masukkan lagi methylene blue dengan kadar setengah dari normal (ingat hanya SETENGAH kadar).
  • Tunggu selama 3 hari lagi.
  • Bila belum sembuh juga, ganti air separuh lagi dan berikan methylene blue setengah lagi.

Penggunaan methylene blue perlu diberikan berulang-ulang karena zat ini sedikit demi sedikit akan hilang berikatan dengan media filter, berikatan dengan amonia, nitrit dan zat lain dalam akuarium. Jadi pemberian methylene blue baru dengan kadar separuh 3 hari sekali itu untuk memperbaharui zat yang telah hilang.

Obat biru itu sangat bermanfaat untuk mengobati ikan tapi bisa berbahaya bila digunakan dalam akuarium aquascape. Obat ini bisa meracuni tanaman dan membuat pertumbuhannya terhambat. Obat ini juga dapat mematikan bakteri baik pada ekosistem aquascape sehingga penggunaan pada akuarium tanaman harus sangat hati-hati. Untuk mengobati ikan sakit pada aquascape dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Cara Mengobati Ikan Sakit di Aquascape

Selain berguna untuk mengobati ikan sakit, obat ini juga bisa digunakan sebagai penghambat stress ikan di perjalanan, mengobati keracunan amonia dan nitrit, mencegah tumbuhnya jamur pada telur ikan, dan meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam air.

Obat itu baik tapi harus hati-hati jangan berlebihan, karena kalau berlebihan malah bisa jadi racun. 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengobati Ikan Sakit Menggunakan Methylene Blue"

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:


    Mahakaushal University in Jabalpur

    YBN University in Ranchi

    Manipal University Jaipur

    Swami Vivekanand University in Sagar

    ReplyDelete