Cara Mengobati Ikan Sakit di Aquascape

Aquascape adalah ekosistem mini yang indah namun rumit dan kadang sulit diurus. Salah satu hal yang kadang membuat bingung adalah ketika ikan-ikan dalam aquascape ada yang sakit karena infeksi bakteri atau protozoa.

Penyakit yang paling sering muncul pada ikan dalam aquascape adalah bintik putih dan busuk sirip. Kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi mikroorganisme pada tubuh ikan, kalau bintik putih disebabkan oleh protozoa sedangkan busuk sirip disebabkan oleh bakteri.

Kalau penyakit ini muncul pada ikan yang ada di akuarium biasa (bukan aquascape) untuk mengobatinya gampang-gampang saja, inggal diberi antibiotik dan beberapa hari kemudian sembuh. Namun mengobati ikan sakit dalam aquascape bukanlah perkara mudah karena kita harus memperhitungkan keseimbangan ekosistem aquascape itu.

Bintik putih yang disebabkan protozoa Ichthyophthirius multifiliis
Bintik putih yang disebabkan protozoa Ichthyophthirius multifiliis

Bila langsung memasukkan antibiotik ke dalam air, bisa membuat mati bakteri dan protozoa penting yang ada dalam aquascape. Bakteri dan protozoa (yang bukan penyebab penyakit) hidup bebas di aquascape dan berperan penting dalam membersihkan sampah-sampah dari kotoran ikan, sisa makanan, maupun daun yang membusuk.

Bila bakteri dan protozoa penting ini mati, tentu ekosistem aquascape menjadi tidak seimbang akibat banyaknya sampah yang tidak diproses. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu dan membuat ikan tambah tidak sehat.

Jadi cara mengobati ikan sakit di aquascace bagaimana?

Cara mengobatinya tentu dengan menggunakan antibiotik, yang saya sarankan adalah amoxilin atau tetrasiklin kemudian diberikan secara oral kepada ikan. Jadi antibiotik itu dicampur dengan makanan ikan agar masuk ke dalam tubuh ikan tapi tidak merusak keseimbangen ekosistem aquascape.

Cara mencampur antibiotik dengan makanan adalah sebagai berikut.

  • Haluskan antibiotik tersebut dan campur dengan sedikit air.
  • Rendam makanan ikan ke dalam larutan antibiotik selama 10 - 15 menit.
  • Makanan ikan akan mengembang karena cairan antibiotik yang meresap.
  • Berikan pada ikan yang sakit.
  • Ulangi perlakuan ini hingga ikan sembuh.

Dengan menggunakan cara ini, ikan yang sakit akan sembuh dan ekosistem aquascape tidak terganggu. Dengan cara ini kita tidak perlu memisahkan ikan yang sakit dari aquascape.

Cara ini cukup efektif apabila penyakit yang muncul pada ikan belum terlalu parah, apabila sudah sangat parah saya sarankan memisahkan ikan tersebut di akuarium karantina. Di akuarium karantina itu, ikan diobati dengan antibiotik baik secara oral maupun dengan mencampurkannya pada air.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengobati Ikan Sakit di Aquascape"

Post a Comment