Ikan Guppy Diam di Dasar Akuarium, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Guppy adalah ikan jinak yang indah dan sangat mudah dipelihara. Ikan ini memiliki sirip yang lebar dan warnanya sangat beragam. Ikan ini termasuk dalam kategori easy care atau mudah dirawat dan sangat cocok untuk pemula.

Walaupun termasuk ikan yang mudah dipelihara, tetap saja kadang-kadang ada masalah atau penyakit yang muncul. Salah satu masalah yang sering muncul adalah ikan guppy yang diam di dasar tidak banyak bergerak.

ikan guppy diam di dasar akuarium
Ikan guppy diam di dasar akuarium

Bagi kita yang memelihara guppy, tentu sangat menyukai bila ikan peliharaan kita bergerak aktif kesana kemari. Bila ikan diam tentu saja nampak tidak indah dan membuat hati kecewa.

Ikan guppy yang diam tak bergerak di akuarium adalah tanda-tanda bahwa ada yang tidak beres dengan ikan itu. Beberapa masalah yang bisa menyebabkan guppy diam atau mojok adalah ikan stres, kebanyakan makan, penyakit, kondisi air, dan usia.

Berikut ini adalah penjelasan satu persatu.

Ikan yang sedang stres

Penyebab utama yang sering membuat guppy diam di dasar adalah karena ikan itu stres. Biasanya stres dialami ikan yang baru dibeli dari toko, ketika dimasukkan dalam akuarium ikan itu belum terbiasa dengan lingkungan barunya. Stres juga bisa terjadi pada ikan lama, ketika kita menambahkan ikan-ikan ganas ke dalam akuarium. Guppy yang takut dengan ikan ganas yang baru masuk akan stres dan cenderung memilih menjauhkan diri di pojok akuarium.

Guppy yang stres dapat diatasi dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab stresnya. Kalau stresnya akibat baru beli, maka cukup dibiarkan saja yang penting kondisi air optimal maka lama kelamaan guppy itu akan aktif lagi. Namun bila stres terjadi karena pengaruh ikan lain, maka kita perlu mengeluarkan ikan penyebab stres dari dalam akuarium.

Kebanyakan makan pelet

Makan adalah syarat ikan bisa hidup, tapi kalau kebanyakan makan ikan malah bisa sakit bahkan mati. Guppy yang tidak makan selama 1 minggu masih bisa hidup, tapi kalau kebanyakan makan selama 1 minggu justru dapat berbahaya. Sangat bahaya malah kalau kita memberi makan pelet terlalu banyak pada guppy.

Pelet di dalam perut guppy akan mengembang dan bisa menyumbat pencernaan guppy. Akibatnya pencernaan guppy menjadi tidak lancar (sembelit) dan memilih diam di dasar. 

Untuk mengatasinya kita bisa mempuasakan guppy yang kebanyakan makan selama 2 sampai 3 hari hingga ikan kembali aktif. Dengan mempuasakan, kita memberi kesempatan kepada guppy untuk menyelesaikan pencernaan yang menumpuk sehingga ikan bisa sehat lagi.

Penyakit pada tubuh

Ikan guppy bisa terserang berbagai macam penyakit misalnya white spot, hexamita, busuk sirip, berak putih dll. Penyakit-penyakit ini bisa membuat guppy yang tadinya aktif menjadi pasif dan memilih diam di dasar.

Semua penyakit-penyakit itu bisa kita amati dari tubuh guppy. Jadi kalau ada tanda-tanda tidak normal pada tubuh guppy, misalnya binti putih, luka, sirip yang busuk, atau berak putih panjang itu adalah pertanda si guppy sedang sakit.

Penyakit ikan guppy bisa diobati dengan menggunakan antibiotik seperti methylene blue, amoxilin, atau teyrasiklin. Penggunaan antibiotik juga akan lebih bagus lagi bila dikombinasikan dengan garam ikan. Bila penyakit sudah hilang, maka guppy akan aktif lagi.

Kondisi air kotor

Guppy kadang diam di dasar atau di permukaan akuarium karena pengaruh air yang kotor. Guppy adalah ikan yang cukup tahan dengan berbagai macam kondisi dan parameter air. Namun bila kondisi air sudah terlalu kotor bisa membuat guppy tidak nyaman.

Guppy yang tidak nyaman dengan kondisi air bisa terlihat dari gerakannya yang berubah pasif dan cenderung diam. Kadang juga disertai dengan gerakan-gerakan menggaruk badan di pasir seperti sedang merasa gatal.

Untuk mengatasinya kita perlu mengganti air sebanyak 75% bagian akuarium. Dan untuk mencegahnya sebaiknya kita mengganti air akuarium 50% seminggu atau dua minggu sekali tergantung ukuran akuarium. Semakin besar ukuran akuarium jeda penggantian bisa semakin lama.

Usia guppy sudah tua

Faktor terakhir yang menjadi penyebab guppy pasif dan diam di dasar adalah karena usia yang sudah tua. Guppy juga punya batasan usia, bila sudah tua dia akan mati walaupun tidak sakit apa-apa.

Berdasarkan pengalaman saya, guppy yang sudah tua dan akan mati itu cenderung tidak banyak bergerak. Dia nampak suka diam di satu tempat dalam waktu yang lama. Namun ketika diberi makan dia masih mau makan.

Bila guppy mojok karena pengaruh usia tentu kita tidak dapat melakukan pengobatan apapun karena memang sudah sampai takdirnya.

Itu adalah beberapa penyebab ikan guppy diam di dasar, di permukaan, atau mojok tak banyak bergerak. Bila teman-teman menemukan kasus seperti itu mungkin perlu di telaah dulu penyebabnya apa sehingga bisa dicari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ikan Guppy Diam di Dasar Akuarium, Bagaimana Cara Mengatasinya?"

Post a Comment