Agar Monte Carlo Cepat Membentuk Karpet

Dalam sebuah pameran aquascape saya melihat akuarium berukuran sedang dengan desain yang sederhana. Disana cuma  ada batu yang yang berdiri di atas karpet plant yang merata hingga ke sudut-sudut akuarium. Tanaman karpet yang digunakan adalah jenis montecarlo. Desainnya sangat sederhana memang, namun sangat elegan dan indah dipandang.

Montecarlo
Aquascape dengan montecarlo sebagai karpet plant

Montecarlo adalah tanaman yang biasa dijadikan karpet dalam aquascape. Tanaman ini memiliki daun kecil-kecil dengan batang yang tumbuh menjalar sehingga dapat tumbuh memenuhi dasar aquascape.

Bila sudah tumbuh memenuhi dasar aquarium, montecarlo akan sangat indah dipandang mata. Tapi sayangnya untuk membuat tanaman ini tumbuh menjadi karpet yang merata bukanlah perkara mudah.

Montecarlo termasuk jenis tanaman yang agak sulit dirawat. Agar dapat tumbuh dengan baik, 3 syarat ini sebaiknya dipenuhi.

Cahaya yang kuat

Montecarlo termasuk tanaman air yang membutuhkan cahaya sedang hingga kuat. Bila ditanam dalam akuarium dengan cahaya lemah dia tidak akan tumbuh dengan baik.

Saya pernah punya pengalaman menanam montecarlo dengan cahaya cukup lemah dan hasilnya tanaman ini tumbuh merana dan tidak dapat membentuk karpet. Namun ketika cahaya saya ganti dengan yang lebih kuat tanaman nampak tumbuh dengan lebih baik.

Saat ditanam dengan cahaya lemah daunnya menjadi kecil-kecil dan batangnya sedikit demi sedikit patah dan lepas dari substratnya. Namun dengan cahaya yang kuat daunnya akan tumbuh normal dan batangnya dapat tumbuh dengan baik.

Injeksi CO2

Montecarlo sangat butuh CO2 (karbondioksida) agar dapat tumbuh subur membentuk karpet. Untuk memenuhi kebutuhan CO2 kita sebaiknya menggunakan injeksi CO2.

Bila tidak menggunakan injeksi CO2 montecarlo akan tumbuh agak lambat dan sulit rimbun walaupun tumbuhnya cukup normal. Namun bila diberi CO2 tanaman ini akan tumbuh subur dan mudah sekali membentuk karpet.

Pertumbuhan montecarlo akan sangat bagus sekali ketika diberi injeksi CO2.

Pemberian pupuk

Agar dapat tumbuh dengan baik, montecarlo perlu diberi pupuk secara teratur. Dengan adanya cahaya kuat dan CO2 injeksi, akan memicu montecarlo tumbuh dengan cepat dan butuh banyak nutrisi. Nutrisi ini kita penuhi dari pemberian pupuk secara teratur. 

Bila cahaya, CO2, dan pupuk sudah terpenuhi maka tanaman ini akan tumbuh subur bahkan kita perlu memotongnya secara teratur agar tidak terlalu rimbun.

Montecarlo termasuk agak sulit dirawat tidak  seperti anubias, bucephalandra, atau java fern yang sangat mudah perawatannya. Butuh sedikit ketelatenan untuk membentuk montecarlo yang merata di dasar aquascape kita.

Itu adalah 3 syarat agar montecarlo dapat tumbuh dengan baik dan membentuk karpet. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Agar Monte Carlo Cepat Membentuk Karpet"

Post a Comment