Membuat Channa Pulchra Berwarna Biru Terang

Channa pulchra adalah salah satu jenis ikan gabus yang banyak dipelihara orang. Ikan ini termasuk jenis channa yang paling murah dibandingkan channa lainnya. Pulchra kecil ukuran 5 cm harganya sekitar 20 ribu rupiah saat tulisan ini dibuat.

Sekarang saya memelihara berbagai macam jenis channa, dan pulchra adalah jenis pertama yang saya beli dulu. Saya tertarik memelihara ikan ini karena ukurannya yang tidak terlalu besar jadi tidak butuh akuarium yang sangat besar. Ukuran pulchra dewasa maksimal sekitar 30 cm, tidak seperti channa maru yang bisa sampai sekitar 1 m.

channa pulchra grade a
Channa pulcha berwarna biru di badan dan siripnya


Channa pulchra yang bagus harus memiliki warna biru terang pada badan dan siripnya. Selain itu bintik-bintik kuning di badan dan garis hitam di siripnya juga harus tegas dan terang. 

Membentuk Channa pulchra berwarna terang tidk terlalu sulit asal dilakukan dengan sabar dan tekun. Berikut ini saya akan berbagi cara untuk membuat pulchra berwarna biru terang dan tegas.

Mengatur makan dan jenis makanan

Sama seperti pada ikan lain, cara yang paling utama untuk mencerahkan warna pulchra adalah dengan mengatur pola makan dan jenis makanan. Pola makan dan jenis makanan yang baik akan semakin mempercepat pematangan warna ikan.

Makanan yang saya sarankan untuk pembentukan warna pulchra adalah udang dan pelet Premium Blue. Udang banyak mengandung vitamin A dan protein yang sangat baik untuk pembentukan warna kuning dan pertumbuhan ikan. Sedangkan pelet Premium Blue punya pigmen biru yang dibutuhkna pulchra untuk pembentukan warna biru-nya.

pelet premium blue
Pelet Premium Blue mengandung pigmen biru yang bagus untuk pembentukan warna biru pada ikan


Udang dapat diberikan seminggu sekali sampai kenyang pada ikan. Udang yang diberikan dapat berupa udang segar maupun kering. Tapi lebih saya sarankan udang segar karena kandungan gizinya masih utuh dan lengkap.

Kemudian dihari lain, pulchra diberi makan pelet Premium Blue namun sedikit saja. Jadi sebagai makanan harian adalah pelet namun hanya sebagai snack saja jangan sampai kenyang.

pola makan channa pulchra
Jadwal pemberian makan Channa pulchra agar warna terbentuk dengan baik


Dengan kombinasi udang sebagai makanan utama seminggu sekali dan pelet sebagai snack harian ini akan membuat warna pulchra terbentuk dengan baik.

Baca juga : Membuat Channa Maru YS Berwarna Kuning

Background akuarium yang terang

Saya sarankan menggunakan background terang untuk akuarium pulchra agar warnanya bagus. Background yang biasa dipakai adalah warna putih karena terbukti cukup efektif. Background putih membuat warna ikan bisa terlihat lebih terang.

Lampu yang sesuai

Warna ikan tidak akan terbentuk sempurna tanpa bantuan cahaya. Oleh karena itu cahaya yang baik sangat diperlukan untuk memaksimalkan pembentukan warna di tubuh ikan. Untuk akuarium pulchra sebaiknya pilih lampu warna putih yang terang namun tidak terlalu silau. Cahaya putih memiliki spektrum cahaya yang lengkap sehingga membantu penbentukan warna pada tubuh ikan.

Media pasir yang baik

Kalau saya lebih suka menggunakan media pasir malang yang agak kasar untuk akuarium pulchra. Saya sarankan menggunakan pasir yang warnanya coklat karena terkesan lebih terang daripada warna hitam. 

Kombinasi background putih, cahaya putih, dan pasir malang yang terang akan membuat lingkungan tempat tinggal pulchra menjadi terkesan cerah. Pulchra yang tinggal di tempat yang terang dan cerah cenderung akan beradaptasi dengan membentuk warna tubuh yang cerah pula. Demikian pula sebaliknya, pulchra yang dipelihara di tempat gelap akan cenderung membentuk warna yang lebih pucat. Ini adalah contoh dari adaptasi morfologi makhluk hidup agar tersamar dengan lingkungan sekitar. 

Jadi kesimpulannya adalah, untuk membuat Channa pulchra berwarna biru terang dan cerah dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan jenis makanan, serta dengan mengatur akuarium agar nampak secerah mungkin.

Bila teman-teman juga ingin membentuk mental pulchra agar lebih berani bisa baca artikel berikut.

Baca juga : Cara Membuat Channa Galak Mental Preman

Itu adalah beberapa cara yang saya sarankan untuk memaksimalkan pembentukan warna pulchra.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Channa Pulchra Berwarna Biru Terang"

Post a Comment