Harga Channa Limbata Atau Gachua

Canna limbata dan Channa gachua sebenarnya adalah jenis ikan yang sama, di Jawa ikan ini dikenal dengan nama kotes atau gabus gunung. Ikan ini memiliki persebaran yang sangat luas mulai dari Iran hingga Indonesia.

Di Indonesia, Channa limbata dapat ditemukan di sungai, selokan, rawa, hingga sawah padi. Masyarakat Jawa kadang menangkap ikan ini dan dijadikan lauk untuk menambah asupan protein.

Sejak jaman dulu kala masyarakat mengenal Channa limbata sebagai ikan dengan nilai ekonomis rendah. Mereka tidak termasuk ikan yang diternak, dan produksinya hanya mengandalkan tangkapan alam saja.

Channa limbata
Harga Channa limbata berbeda-beda tergantung ukuran dan kualitasnya


Namun semakin maraknya hobi memelihara ikan Channa membuat Channa limbata sedikit demi sedikit mulai dilirik orang. Channa ini mulai ditangkap untuk dipelihara sebagai ikan hias. Harga yang dipatok untuk ikan ini memang cukup murah bila dibandingkan Channa jenis lain. Namun setidaknya sudah meningkatkan nilai ekonomisnya.

Channa limbata dijual dengan harga sekitar Rp 7.000 hingga Rp 50.000 rupiah per ekor tergantung ukuran dan kualitas warnanya.

Ikan ini ukurannya dapat mencapai 18 cm dan termasuk ikan gabus kerdil. Tubuhnya berwarna coklat bergaris-garis gelap dan sirip biru dengan ujung kuning.

Limbata yang baru ditangkap di alam biasanya warnanya masih pucat alias warna biru dan kuningnya belum terlalu muncul. Ikan dewasa yang masih pucat ketika dijual harganya sekitar Rp 25.000 per ekornya.

Namun ketika warna birunya sudah muncul harganya dapat mencapai Rp 50.000 bahkan lebih untuk yang kualitasnya super.

Sedangkan channa limbata yang masih kecil hingga remaja harganya Rp 7.000 sampai Rp 20.000.

Channa limbata dapat dicari dengan cukup mudah di malam hari di sawah padi karena ikan ini termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari). Orang jawa biasanya menggunakan istilah "ngobor" untuk mencari ikan ini di malam hari.

Dengan semakin maraknya hobi memelihara ikan Channa, saya yakin harga limbata dapat terus meningkat di kemudian hari. Ini dapat menjadi peluang bagi teman-teman untuk mulai membiakkan ikan channa ini. Saya lebih menyarankan membiakkan daripada mengandalkan tangkapan alam agar populasi ikan ini di alam tidak terganggu.

Channa limbata termasuk ikan mouthbreeder, induk jantan akan merawat telur dan anak anaknya yang baru menetas di mulutnya. Dia akan melindungi anaknya agar tidak diserang hewan lain.

Daftar harga channa limbata saat tulisan ini dibuat

Channa limbata 3 - 8 cm harganya Rp 7.000

Channa limbata 9 - 13 cm harganya Rp 10.000 - Rp 20.000

Channa limbata 15 cm up harganya Rp 25.000

Channa limbata 15 cm up warna bagus harganya Rp 50.000

Channa limbata 15 cm up warna super harganya Rp 75.000 - Rp 100.000

Harga ini mungkin bisa berubah sewaktu waktu mengikuti trend yang ada.

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Harga Channa Limbata Atau Gachua"

Post a Comment