Berapa Jumlah Anak Guppy Sekali Melahirkan

Guppy termasuk salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan gampang berkembangbiak. Asal ada jantan dan ada betina dalam satu akuarium, ikan ini akan langsung kawin kemudian beranak.

Ikan guppy jantan memiliki sirip yang lebar dan panjang sedangkan guppy betina siripnya pendek. Guppy jantan akan kawin dengan menggunakan gonopodium yang bentuknya mirip sirip lancip pada duburnya.

Dengan gonopodium-nya, jantan akan memasukkan sperma pada tubuh betina. Betina dapat menyimpan sperma jantan dalam waktu cukup lama, jadi dengan sekali kawin saja betina dapat melahirkan hingga beberapa kali.

Sekitar 4 hari setelah kawin, embrio di dalam telur betina akan terbentuk. Namun embrio ini butuh waktu sekitar 3 hingga 4 minggu hingga berkembang sempurna dan menetas.

Guppy melahirkan
Guppy melahirkan anaknya


Setelah berkembang sempurna, telur akan menetas dalam tubuh dan keluar dari tubuh betina. Proses keluar dari tubuh biasanya berlangsung satu persatu hingga semua anak berhasil dikeluarkan.

Seekor guppy betina dapat menghasilkan sekitar 5 hingga 100 anak dalam sekali melahirkan tergantung umur dan ukurannya. Guppy yang baru pertama kali melahirkan biasanya anaknya hanya sedikit antara 5 sampai 10. Namun pada kelahiran berikutnya anaknya akan lebih banyak.

Guppy yang sudah beberapa kali melahirkan akan mengeluarkan anak sekitar 30 ekor setiap prosesnya. Namun guppy yang sudah sangat matang dan bertubuh besar dapat melahirkan hingga 100 ekor.

Guppy adalah ikan kanibal, dia bisa memakan anak-anaknya sendiri setelah lahir. Jadi sebaiknya mereka dipelihara dalam akuarium yang diberi tanaman air sebagai tempat berlindung anak-anaknya yang baru lahir.

Setelah keluar dari tubuh induknya di perut anak guppy masih terdapat sedikit cadangan makanan sehingga belum perlu diberi makan. Sehari setelah lahir barulah guppy bisa mulai diberi makan degan pelet larva, artemia, atau kuning telur rebus.

Guppy adalah ikan hang kuat. Tingkat kelangsungan hidup anak guppy cukup tinggi dibandingkan ikan lainnya. Mereka tidak gampang mati asal makan dengan cukup.

Guppy dapat melahirkan dengan teratur setiap 2 hingga 3 minggu sekali setelah melahirkan pertama kali. Oleh karena itu bila dipelihara dengan baik mereka bisa menghasilkam anakan sangat banyak dalam waktu singkat.

Ikan guppy liar dalam bahasa inggris disebut dengan istilah million fish yang berarti ikan jutaan karena mereka dapat berkembangbiak dengan sangat cepat dan banyak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berapa Jumlah Anak Guppy Sekali Melahirkan"

Post a Comment