Mencerahkan Warna Ikan Louhan

Louhan adalah ikan jenong yang sempat trending di masa lalu, menjadi ikan favorit karena keindahan warna tubuhnya.

Louhan adalah ikan hybrid, hasil persilangan jenis-jenis siklid hingga dihasilkan bentuk yang seperti sekarang. Jadi kalau kita mencari louhan yang asli ya tidak akan ketemu karena ikan ini tidak ada di alam.

Oke dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara mencerahkan warna ikan louhan.

Ikan louhan termasuk jenis ikan yang warnanya gampang berubah. Ketika stres karena kondisi lingkungan berubah warnanya akan langsung berubah buram. 

Louhan yang warnanya buram tentu menjadi tidak indah dipandang mata lagi.

makanan yang baik membuat warna louhan cerah
Warna louhan terbentuk dari pigmen melanin di kulit bawah sisiknya.


Untuk meningkatkan dan menjaga kecerahan warna louhan dapat dilakukan dengan menjaga kondisi air, mengatur pola makan, dan mengatur pencahayaan.

Oke pembahasan saya mulai dari Menjaga kondisi air.

Air yang bersih sangat diperlukan agar ikan louhan dapat tumbuh dengan baik dan berwarna cerah. Oleh karena itu penggantian air secara rutin perlu dilakukan. Agar louhan dapat hidup dengan baik, air akuarium perlu diganti sepertiga bagian seminggu sekali. Penggantian ini untuk menjaga kadar amonia dalam air tetap dalam kadar yang aman sehingga tidak meracuni louhan. Kadar amonia yang terlalu tinggi akan membuat warna buram dan ikan gampang sakit.

Sekarang tentang makanan louhan. Ini merupakan faktor yang paling penting untuk mencerahkan warnanya. Warna louhan disebabkan oleh adanya pigmen melanin pada kulit di bawah sisiknya. Semakin banyak pigmen melanin yang terbentuk akan membuat warna ikan semakin cerah dan tegas. Pigmen ini dihasilkan dari vitamin A yang terdapat pada makanan ikan. Jadi agar warna louhan semakin cerah, kita harus memberinya makan dengan pelet yang kandungan vitamin A-nya tinggi. Biasanya di label bungkus pelet sudah tertera kadar vitamin A di dalamnya, sebisa mungkin memilih pakan dengan kadar vitamin A yang lebih tinggi. 

Selain itu, sesekali ikan louhan perlu diberi makan hewan hidup agar louhan tetap sehat dan ganas. Pakan hidup yang paling baik menurut saya adalah udang kecil karena kandungan vitamin A dan proteinnya tinggi. Pemberian udang bisa diberikan seminggu sekali.

Setelah louhan diberi makanan yang baik, berikutnya adalah faktor cahaya. Pigmen melanin terbentuk dari vitamin A, namun pembentukan melanin akan maksimal apabila kulit terkena cahaya yang baik. Jadi agar warna louhan cerah, akuarium harus dilengkapi lampu yang memadai. Lampu jangan terlalu redup dan jangan terlalu terang. Kalau terlalu redup akan membuat pembentukan warna kurang sempurna, tapi kalau terlalu terang bisa membuat louhan stres karena silau. Pencahayaan dapat dilakukan maksimal 12 jam dalam sehari.

Itu adalah beberapa langkah untuk mencerahkan warna ikan louhan. Namun semua itu juga ditetukan dari gen yang dimiliki ikan louhan itu. Apabila gen ikan sudah bagus dan ditambah perawatan yang bagus makan akan tercipta warna louhan yang cemerlang dan indah dipandang mata.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Mencerahkan Warna Ikan Louhan"

Post a Comment