Manfaat Tanaman Lemna Di Aquascape

Lemna atau dalam bahasa inggris disebut duckweed adalah tanaman air yang umum dijumpai di sawah-sawah dan danau sekitar kita. Tanaman ini berukuran kecil dan tumbuh mengambang di permukaan air.

Ada banyak jenis lemna, namun dalam artikel ini saya akan menjelaskan jenis Lemna minor yang paling mudah dijumpai. Tanaman ini memiliki daun-daun kecil yang saling menyambung tanpa cabang, reprodukainya lebih sering secara vegetatif dengan tunas. Lemna dapat berkembangbiak dengan sangat cepat di berbagai macam perairan.

Lemna minor
Lemna minor memiliki daun berukuran kecil

Di aquascape sendiri lemna sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem air. Beberapa manfaat lemna di aquascape adalah sebagai berikut.

Lemna akan menyerap kelebihan amonia dalam air

Ikan dan hewan-hewan air lainnya mengeluarkan amonia dalam kotorannya. Amonia ini dalam kadar tinggi beracun bagi ikan dan tanaman air. 

Dengan menanam lemna di aquascape, kadar amonia dapat terjaga karena lemna termasuk jenis tanaman bioremidiasi. Lemna dapat berkembangbiak dengan cepat dan menyerap banyak amonia dalam air. Jadi lemna sangat baik dalam menjaga kadar amonia di aquascape.

Lemna menggunakan amonia sebagai sumber senyawa Nitrogen yang digunakan untuk membentuk berbagai macam senyawa penting untuk tumbuh dengan baik.

Lemna akan menyerap kelebihan logam berat dalam air

Logam berat sangat beracun bagi ikan dan menghambat pertumbuhan tanaman. Lemna juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap berbagai macam jenis logam berat dalam air.

Logam berat seperti Fe, Pb, Hg, Al dan Zn dapat terakumulasi dalam jaringan dan meracuni tubuh. Lemna dapat menyerap logam-logam berat tersebut dan membuat kadarnya tetap dalam batas wajar dalam air.

Lemna akan menjadi sumber makanan bagi udang

Akar lemna berukuran sekitar 1 hingga 2 cm berukuran kecil dan lembut. Di sekitar akar-akar lemna terdapat bulu-bulu halus yang menjadi media tumbuhnya alga mikro.

Udang sangat menyukai memakan alga-alga mikro yang tumbuh di sekitar akar lemna. Mereka sering dijumpai mencari makan di sekitar akar-akar lemna. 

Lemna akan mengurangi pengiapan air dalam aquascape

Dengan menanam lemna permukaan air yang langsung bersentuhan dengan udara luar menjadi berkurang. Ini akan membuat laju penguapan air menjadi lebih lambat. Air akuarium akan relatif stabil karena air yang menguap tidak terlalu banyak.

Lemna menjadi hiasan yang indah pada aquascape

Lemna nampak indah pada aquascape apabila dipadukan dengan tanaman-tanaman yang tepat. Tanaman ini menjadi penghias yang indah untuk permukaan air akuarium.

Nah, itu adalah sedikit manfaat menanam lemna dalam aquascape. Tanaman ini bisa diperoleh dengan mudah di sekitar kita dan pertumbuhannya sangat cepat. 

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Tanaman Lemna Di Aquascape"

Post a Comment