Cara Merawat Anubias Untuk Aquascape

Anubias adalah tanaman air yang paling saya suka untuk ditanam dalam aquascape. Tanaman ini berdaun lebar dan tebal hingga tidak mudah dirusak oleh ikan dan siput.

Anubias termasuk tanaman yang sangat mudah dirawat karena dapat beradaptasi dengan mudah pada berbagai kondisi air. Tanaman ini tidak mudah melting (busuk) seperti montecarlo maupun criptocorine.

Dalam air bening maupun air keruh tanaman ini masih dapat tumbuh dengan baik, bahkan ditanam di darat pun masih bisa hidup. Kekurangan anubias yaitu pertumbuhannya yang ralatif lambat dan daunnya kadang mundah ditumbuhi alga. Setelah saya hitung-hitung, dalam satu bulan hanya tumbuh 2 daun baru dari anubias di rumah saya.

anubias petite
Anubias petite, salah satu jenis anubias berdaun mungil

Kunci Merawat Anubias

Satu kunci agar anubias bisa tumbuh dengan baik adalah Karbondioksida (CO2). Pokoknya bagaimanapun kondisi air asalkan kadar karbondioksida terjaga maka anubias akan hidup dengan baik.

Kalau anubias kekurangan CO2, pertumbuhannya akan lebih lambat lagi dan biasanya daun baru yang muncul ukurannya kecil-kecil. Tapi kalau kadar CO2 tercukupi, pertumbuhan akan normal dan daun baru yang muncul akan lebih besar atau sama besar dengan daun lama.

Cara Menjaga Kadar Karbondioksida

Karbondioksida dalam aquascape normalnya berasal dari pernapasan ikan dan pembusukan kotoran dan daun. Namun CO2 yang ada secara alami kadarnya kurang untuk mendukung kehidupan anubias, Jadi kita harus meningkatkan kadar CO2 dengan berbagai cara.

Cara yang paling mudah namun paling mahal adalah dengan memberikan CO2 tambahan dari tabung. Dengan cara ini kadar CO2 dalam aquascape akan cukup tinggi dan biasanya tanaman dapat tumbuh dengan subur. Namun sayangnya cara ini butuh modal untuk membeli alat-alatnya.

Cara yang lebih sederhana dalah dengan rajin mengganti air aquascape seminggu sekali. Air baru yang masih bersih banyak mengandung CO2 yang sangat baik untuk tanaman. Gantilah air aquascape separuhnya seminggu sekali, ini akan membuat kadar CO2 selalu terjaga. Selain itu penggunaan filter yang membuat air mengalir juga akan meningkatkan kadar CO2.

Dengan menerapkan salah satu cara ini, anubias akan hidup dengan baik tanpa masalah. Teman-teman tinggal pilih, mau pakai cara yang pertama atau yang kedua disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Anubias Untuk Aquascape"

Post a Comment