Cara Membedakan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Manfish atau angelfish adalah salah satu jenis ikan air tawar paling indah dengan sirip yang panjang. Ikan ini bila dipelihara dengan baik dapat berkembangbiak dalam akuarium dengan cukup mudah. Namun untuk dapat berkembangbiak tentu perlu ada jantan dan betina, sayangnya membedakan manfish jantan dan betina cukup sulit.

Bahkan seorang profesionalpun kadang akan kesulitan untuk membedakan ikan manfish jantan dan betina. Bentuk sirip dari manfish tidak bisa menjadi acuan, karena baik jantan dan betina semua memiliki sirip yang panjang.

Cara paling mudah membedakan jenis kelamin manfish adalah ketika menjelang musim kawin tiba. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan sebagai petunjuk untuk membedakan jenis kelamin ikan manfish.

membedakan jenis kelamin manfish
Perhatikan breeding tube pada betina lebih besar dibandingkan pada jantan.

Cara 1 : Melihat dahi ikan

Manfish jantan umumnya akan memiliki dahi yang lebih cembung, sedangkan betina dahinya cenderung lebih datar. Sebenarnya cara ini susah-susah gampang karena pada manfish yang masih muda kadang sulit dibedakan. Namun pada manfish yang sudah tua perbedaan dahi ini akan nampak cukup jelas.

Cara 2 : Melihat breeding tube

Breeding tube adalah semacam saluran atau selang kecil yang akan muncul dari lubang kelamin. Manfish betina memiliki breeding tube yang lebih besar dibandingkan jantan. Breeding tube pada betina digunakan untuk mengeluarkan telur dan menempelkan pada benda tertentu. Sedangkan breeding tube jantan yang ukurannya lebih kecil berguna untuk mengeluarkan sperma. Breeding tube akan muncul menjelang musim kawin tiba. Saat tidak musim kawin, bentuk mirip selang ini akan sulit diamati.

Cara 3 : Melihat perut ikan

Sama seperti jenis ikan lain, saat dewasa manfish betina akan memproduksi telur sehingga perutnya akan lebih gemuk dari manfish jantan. Perbedaan ini akan nampak dengan jelas apabila diamati dari depan sehingga perut si betina akan nampak lebih lebar dari si jantan.

Cara 4 : Melihat perilaku ikan

Menjelang waktu kawin, manfish jantan yang sudah birahi akan berusaha mengejar-ngejar betina untuk mengajak kawin. Saat inilah dapat diketahui dengan mudah mana yang jantan dan mana yang betina. Jantan nampak aktif mengejar sedangkan betina nampak lebih pasif.

Itu adalah beberapa cara untuk membedakan ikan manfish jantan dan betina.

Ikan manfish akan bertelur pada permukaan benda yang relatif tegak. Peternak biasanya meletakkan kayu atau papan di dalam akuarium sebagai media ikan ini menempelkan telurnya. Bila tidak ada media apapun kadang manfish akan menempelkan telurnya pada dinding akuarium.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membedakan Ikan Manfish Jantan dan Betina"

Post a Comment