Ikan Sumatra (Tiger Barb) Pembasmi Kutu Jarum

Saya punya banyak ikan koi, mulai dari yang ukuran kecil sedang hingga besar. Ikan-ikan itu saya pelihara dalam kolam belakang rumah dengan model kolam air mengalir. Air yang saya gunakan berasal dari sumber air, tapi sudah melewati bak penampungan dan dipakai oleh orang sekampung.

Mungkin karena airnya tidak terlalu bagus dan tidak ada sistem filtrasi di kolam saya, akhirnya ikan-ikan saya kena kutu jarum (anchor worm). Cukup banyak yang kena karena parasit ini tidak pandang bulu, baik ikan kecil atau besar akan diserangnya.

kutu jarum
Kutu jarum pada ikan koi

Kutu jarum bentuknya memanjang mirip jarum dengan ukuran sekitar 0,5 sampai 1 cm. Bagian kepalanya yang memeliki kait akan masuk kedalam tubuh ikan untuk menghisap cairan tubuh ikan. Kutu ini akan bertelur dan menular pada ikan-ikan lain yang sehat.

Beberapa jenis ikan yang sering terserang kutu jarum adalah koi, mas koki, komet, dan guppy. Penyakit ini tidak menimbulkan kematian, namun dapat menghambat pertumbuhan ikan karena nutrisi tubuh diserap kutu. Ikan yang diserang kutu jarum sering menunjukkan aktivitas splashing atau menggesek-nggesekan tubuh di dasar kolam karena tubuhnya terasa gatal.

Untuk mengatasi penyakit ini saya menggunakan ikan sumetera atau tiger barb. Ikan ini berukuran kecil dan senang berenang dalam kelompok. Untuk kolam ukuran 3 x 3 meter saya biasanya menggunakan jasa 5 ekor ikan sumatera.

tiger barb
Ikan Sumatra (Tiger Barb)

Ikan sumatra akan memakan kutu jarum yang menempel di tubuh ikan koi. Ikan kecil ini akan memakan satu persatu kutu jarum hingga kolam bebas dari kutu jarum. Dengan memelihara ikan sumatra dalam kolam, koi akan terbebas dari penyakit kutu jarum.

Namun saran saya jangan kebanyakan memelihara ikan sumatra karena ikan ini agak agresif. Kalau terlalu banyak dia kadang menggigit sirip koi terutama yang ukurannya kecil. Jadi pelihara sumatra secukupnya saja untuk menjaga koi dari serangan kutu jarum. Ikan sumatra dapat digunakan untuk membasmi kutu jarum pada berbagai jenis ikan, tidak hanya pada koi saja.

Ikan sumatra dijual dengan harga murah, sekitar Rp 1.000 per ekornya. Ikan ini adalah ikan kelompok jadi sebaiknya dipelihara minimal 5 ekor. Kalau dipelihara kurang dari 5 ekor dia akan menyerang sesamanya dan saling berebut wilayah kekuasaan. Tapi kalau dipelihara lebih dari 5 ekor mereka akan hidup damai.

Selain menggunakan ikan sumatra sebenarnya kutu jarum bisa dibasmi dengan obat kimia seperti Abate. Tapi saya lebih menyukai cara-cara alami dengan menggunakan musuh alami karena jelas lebih aman untuk ekosistem dan ikan itu sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ikan Sumatra (Tiger Barb) Pembasmi Kutu Jarum"

Post a Comment