Mengatasi Penyakit Kutu Jarum Dengan Abate

Kutu jarum adalah penyakit yang sering menyerang ikan koi, komet, mas koki, dan guppy yang dipelihara dalam kolam. Kutu jarum akan menempel pada tubuh ikan kemudian menyerap darah dan cairan tubuh untuk hidup dan berkembangbiak.

Kutu ini adalah arthropoda air yang bentuknya memanjang mirip jarum dan memiliki kait di bagian kepalanya yang digunakan untuk menembus tubuh ikan. Penyakit ini bila jumlahnya sedikit tidak akan membahayakan ikan, namun bila jumlahnya sudah banyak bisa membuat ikan sekarat dan mati.

kutu jarum
Kutu jarum pada tubuh ikan koi

Cara mengatasi kutu jarum

Kutu jarum bisa diatasi secara manual dengan mencabutnya langsung dari tubuh ikan, namun cara ini hanya bila ditemukan sedikit kutu jarum pada ikan. Namun bila kutu jarum sudah mewabah dan banyak ikan yang terserang, mencabutnya langsung tidak mungkin bisa dilakukan lagi.

Untuk mengatasi penyakit ini bisa menggunakan Abate. Obat ini berbentuk bubuk dan umumnya digunakan untuk membasmi jentik nyamuk di perairan sekitar rumah. Selain membasmi jentik nyamuk, abate nyatanya dapat membasmi kutu jarum dan serangga air lainnya karena sifat obat ini sebagai insektisida.

Teman-teman tinggal menaburkan abate sesuai dosis yang telah ditentukan pada kolam yang terserang kutu jarum. Dalam beberapa jam hingga sehari kutu-kutu itu akan mati dan perlahan terlepas dari tubuh ikan.

abate obat kutu air
Abate yang bisa diperoleh di apotik

Dosis abate untuk kolam

Zat kimia aktif dalam abate adalah temephos 1% yang beracun bagi serangga air. Untuk penggobatan kutu jarum sebaiknya menggunakan 1 gram abate untuk 10 liter air. Jadi apabila kolam teman-teman berisi 1000 liter air maka abate yang digunakan adalah 100 gram.

Sebaiknya jangan menggunakan abate berlebihan karena bisa saja meracuni ikan yang dipelihara dalam kolam. Penggunaan dengan dosis yang tepat akan membunuh kutu jarum tanpa membahayakan ikan.

Cara memperoleh abate

Kadang ada orang yang menjual abate keliling dari rumah ke rumah, namun umumnya abate dapat diperoleh dengan mudah di apotik dengan harga yang murah. Saya sarankan membeli abate di apotik karena jumlahnya lebih banyak dan harganya lebih murah.

Obat ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun sebaiknya jangan sampai tercampur dengan air yang dikonsumsi karena beberapa orang bisa menderita alergi karena komponen aktif dalam obat ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Penyakit Kutu Jarum Dengan Abate"

Post a Comment