Makanan Paling Baik Untuk Ikan Buntal

Buntal adalah ikan yang unik karena mampu menggelembungkan tubuhnya saat terganggu. Saat merasa tidak nyaman ikan ini dapat menelan banyak air atau udara untuk membuat tubuhnya besar mirip balon berduri.

Buntal adalah ikan yang tidak cocok dipelihara pemula karena perawatannya tidak boleh sembarangan. Dia tidak mau makan pelet apung seperti jenis ikan lain, dia perlu makanan khusus agar dapat hidup dengan baik.

gigi ikan buntal
Buntal memiliki gigi mirip paruh yang sangat kuat

Sebenarnya buntal adalah ikan karnivora, dia akan memakan hewan-hewan kecil yang dapat ditangkapnya. Namun karena gerakan si buntal ini lambat umumnya dia hanya makan hewan-hewan yang bergerak lambat. Ketika dipelihara dalam akurium dia sebaiknya diberi makanan yang bervariasi, namun makanan yang paling baik diberikan adalah jenis-jenis hewan bercangkang.

Lho kok malah hewan bercangkang? apa gak keras tuh?

Justru cangkang yang keras malah akan menguntungkan bagi buntal, mengapa demikian? Karena buntal memiliki gigi mirip paruh yang kuat dan tajam yang mampu menghancurkan cangkang.

Gigi bubtal tidak seperti manusia, karena gigi ini akan terus tumbuh dan memanjang. Jadi kalau si buntal selalu makan makanan lembek dan tidak pernah menggunakan giginya justru berbahaya karena gigi itu akan semakin panjang dan bisa melukai dirinya sendiri.

Dengan memakan hewan bercangkang secara tidak disadari gigi itu akan tergerus sedikit-demi sedikit jadi panjangnya akan selalu terjaga.

Nah, jenis makanan yang baik diberikan untuk buntal adalah:
  • Kerang
  • Siput (keong)
  • Kepiting

Hewan-hewan itu bagusnya diberikan secara bergantian misalnya hari ini diberi makan kerang besoknya diberi makan siput dan besoknya lagi diberi makan kepiting. Namun kadang-kadang diberi makan yang lunak seperti udang, hati sapi, atau cacing juga boleh.

Dengan memberi makan yang bervariasi maka ikan buntal akan tumbuh dengan baik dan bahkan dapat berkembangbiak dalam akuarium.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Paling Baik Untuk Ikan Buntal"

Post a Comment