Manfaat Jagung Rebus Untuk Makanan Tambahan Koi

Koi adalah ikan peliharaan yang cantik dengan segala pola warna dan lenggak-lenggok tubuhnya. Koi sangat indah bila dipelihara beramai-ramai dalam kolam yang berair bening. Memberi makan koi dari pinggir kolam dapat menghilangkan stress setelah seharian beraktivitas.

Koi umumnya diberi makan dengan pelet apung karena mudah didapat dan harganya terjangkau. Tapi tahukah teman-teman bahwa pemberian pelet apung terus menerus secara monoton tidak baik bagi pencernaan koi. Pelet apung buatan pabrik mungkin memiliki kandungan nutrisi yang lengkap tapi sayangnya hanya mengandung sedikit serat.

Koi juga membutuhkan serat dalam makanannya agar saluran pencernaannya bagus dan terhindar dari penyakit-penyakit pencernaan. Biasanya orang-orang akan memberikan sayur atau buah sebagai makanan tambahan bagi ikan koi kesayangannya.

makanan tambahan koi

Nah disini saya akan membahas manfaat jagung untuk makanan koi, lebih tepatnya jagung rebus.

Jagung perlu direbus dulu agar menjadi lunak sebelum diberikan ke ikan koi, sebaiknya gunakan jagung kuning karena kandungan vitamin A pada jagung kuning lebih tinggi daripada jagung putih.

Karena kandungan vitamin A nya cukup tinggi, jagung dapat meningkatkan warna pada ikan koi. Vitamin A berperan dalam pembentukan pigmen warna pada tubuh ikan. Bila vitmin A tersedia dengan jumlah cukup banyak, maka ikan akan membentuk banyak pigmen dan otomatis warnanya semakin cemerlang. Pigmen warna ini disebut melanin dan terletak pada kulit di bawah sisik koi.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada jagung, sekitar 9-15% dari berat keringnya juga sangat baik untuk pencernaan koi. Kalau manusia kekurangan serat maka akan sulit buang air besar dan pencernaan tidak sehat. Demikian juga pada koi, serat sangat diperlukan agar pencernaan ikan tetap sehat. Dengan sesekali memberikan makanan berserat, maka koi akan terhindar dari masalah pencernaan.

Jagung juga kaya akan karbohidrat yang akan menjadi sumber energi untuk aktivitas koi. Bentuk utama karbohidrat pada jagung adalah pati atau amilum, dengan kadar 28-80% dari berat keringnya. 

Jagung juga memiliki kandungan protein yang lumayan, sekitar 10-15% dari berat keringnya. Jenis protein paling banyak pada jagung dikenal dengan zein. Protein pada jagung ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ikan. 

Nah itu adalah beberapa manfaat jagung sebagai makanan tambahan bagi ikan koi kita. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " Manfaat Jagung Rebus Untuk Makanan Tambahan Koi"

  1. From sports gear to industrial elements, you’ll find kind of|this kind of|this type of} thermoplastic current in a wide range|a variety} of functions. During best stylus for iphone the 1930s, a difficult period for many individuals the world over, the plastics industry saw immense progress. It was right now that polyvinyl chloride, polystyrene, and polyolefins, some of the the} best-known thermoplastic supplies, had been invented.

    ReplyDelete