Ikan Pembersih Kolam Koi

Koi adalah ikan peliharaan yang dapat tumbuh cukup besar bahkan mencapai 1 meter panjangnya. Banyak orang memelihara koi kesayangan di kolam outdoor yang terkena cahaya matahari langsung.

Kolam jenis ini sangat baik untuk koi karena koi bisa terkana cahaya yang membuatnya tambah sehat dan warnanya tambah cemerlang. Namun kolam outdoor juga memiliki kekurangan atau masalah yang cukup menyebalkan.

Salah satu masalah yang sering muncul di kolam koi outdoor adalah tumbuhnya lumut di dinding kolam. Lumut ini akan tumbuh setelah kolam berusia lebih dari 1 bulan dan akan semakin lebat dan merata seiring waktu. Bila dibiarkan begitu saja, lumut-lumut ini akan semakin merajalela dan mengurangi keindahan kolam koi kita.

Untuk mengatasi lumut di kolam koi, kita bisa menggunakan jasa dari ikan pembersih lumut seperti ikan nilem atau melem ini.


ikan nilem
Ikan nilem atau melem sebagai cleaning service kolam koi


Ikan nilem adalah ikan asli perairan jawa dan sangat doyan sekali makan lumut. Mulutnya ada di bagian bawah kepala, dan memang seperti di desain untuk memakan lumut di perairan tempatnya tinggal.

Ikan ini mudah sekali diperoleh di sekitar kita, kita bisa memancing di sungai-sungai yang masih bersih untuk mendapatkan ikan ini. Di tempat tinggal saya di wonosobo sangat mudah memperoleh ikan ini, hanya tinggal memancing di sungai saja sudah bisa dapat berpuluh-puluh jumlahnya dalam sekejap.

Ikan ini sekarang juga sudah banyak dikembangbiakkan jadi bisa dibeli dengan mudah di pasar ikan. Kalau hasil budidaya biasanya dapat mencapai ukuran yang cukup besar karena memang dipilih yang jenis unggul.

Berdasarkan pengalaman saya ikan nilem kecil akan lebih aktif memakan lumut daripada nilem dewasa. Jadi ketika teman-trman ingin mencari nilem sebagai cleaning servis sebaiknya pilih yang ukurannya lebih kecil.

Selain nilem sebenarnya kita bisa menggunaksn jasa ikan lain seperti sapu-sapu atau alga eater, tapi menurut saya ikan nilem paling ampuh membersihkan lumut dibandingksn ikan lainnya. Selain ampuh juga mudah diperoleh dan murah harganya hehe.

Sekian semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Ikan Pembersih Kolam Koi"

Post a Comment